DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Rabu, 27 Februari 2013

Morning Dew - 28 February 2013

Global Market Review

Bursa domestik tetap bergairah dengan Jakarta Composite Index (JCI) kembali mencatatkan level all-time high terbarunya di 4,721.86 sebelum akhirnya ditutup di 4,716.42, naik 53.38 poin atau 1.14%. Dua indeks acuan lainnya yaitu LQ-45 dan IDX 30 juga berakhir menguat masing-masing sebesar 1.22% dan 1.18%. Di tingkat regional, indeks Nikkei terkoreksi 1.27% namun indeks Hang Seng dan KOSPI berhasil menguat masing-masing sebesar 0.25% dan 0.2%.


Secara sektoral, seluruh sektor menguat dengan kenaikan terbesar dicatatkan oleh sektor properti (+2.8%), diikuti oleh sektor infrastruktur (+1.9%) dan sektor barang konsumsi (+1.26%).

Kenaikan pada hari Rabu ini didukung oleh naiknya 211 saham sementara hanya 66 saham yang berakhir melemah. Sebanyak 104 lainnya ditutup stagnan. Posisi beli asing mencapai net buy di level Rp823.24 miliar.

Di antara saham-saham terekomendasi, kenaikan terbesar dibukukan oleh SMCB yang menguat 6.34%. SMCB berhasil mencapai target akhirnya di 3,625 dan ditutup dengan gains sebesar 20.83%. Kenaikan lainnya dialami oleh MDLN (+2.5%), INDS (+1.64%), IMAS (+0.94%), AISA (+0.77%), dan PGAS (+0.53%). PTPP dan TELE berakhir stagnan sementara BBNI ditutup melemah 0.57%.

Penegasan Bernanke mengenai kelangsungan program pembelian asset oleh Federal Reserve menjadi faktor positif yang mendukung positifnya sentimen pasar pada hari Rabu. Data-data ekonomi yang dirilis di Amerika semalam juga cenderung positif dan berimbas positif bagi sentimen investor.

Meskipun demikian, makin dekatnya batas waktu pemberlakuan pemotongan anggaran belanja Amerika pada Maret mendatang akan menjadi kekhawatiran baru bagi pasar, terutama menjelang penutupan bulan Februari ini. Hasil pemilu di Italia juga memicu kekhawatiran akan kelanjutan program pengetatan anggaran Italia yang saat ini tengah berlangsung. Berlusconi dipandang berpotensi menghentikan program austerity tersebut sehingga dikhawatirkan akan memperpanjang krisis fiskal di Italia.

Di Amerika, data perumahan kembali memberikan imbas positif bagi sentimen pasar setelah data existing home sales dilaporkan melampaui ekspektasi para analis. Sementara itu, data pesanan durable goods diluar barang-barang transportasi juga dilaporkan mengalami peningkatan di bulan Januari lalu, suatu indikasi bahwa investasi bisnis tetap solid. Pada hari kedua pidatonya, pimpinan Federal Reserve Ben Bernanke mengatakan bahwa Fed memiliki alat-alat yang diperlukan untuk memperlambat ataupun menurunkan pemberian stimulus moneternya dan juga untuk menghindari terjadinya kenaikan pada ekspektasi inflasi. Pernyataan Bernanke sehari sebelumnya juga menjadi faktor positif yang menopang kenaikan indeks.

Indeks Dow Jones kembali menguat hingga ditutup di 14,075.40, atau sebesar 1.26%. Indeks S&P dan NASDAQ juga menguat masing-masing 1.27% dan 1.04%.

Market Preview

Positifnya respon pasar terhadap pidato Bernanke dan juga terhadap data-data ekonomi Amerika akan kembali menjadi modal JCI untuk kembali mencatatkan level all-time high pada sesi perdagangan hari Kamis.

Bagi JCI, target selanjutnya berada di 4,724 dan selanjutnya di 4,761 sementara support berada di 4,646.59, 4,630, dan 4,602.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar