DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Selasa, 31 Juli 2012

Morning Brief - 1 Agustus 2012

Market Preview


Bursa saham domestik kembali menguat pada sesi perdagangan hari Selasa dengan didukung oleh penguatan pada bursa regional. Jakarta Composite Index (JCI) ditutup naik tajam 1.05% atau 43.22 poin menjadi 4142.34, indeks LQ-45 dan IDX30 juga masing-masing mencatatkan kenaikan sebesar 1.49% dan 1.62%. Indeks Nikkei, Hang Seng dan KOSPI juga berakhir positif dengan kenaikan 0.69%, 1.08% dan 2.07%.

Sebanyak 158 saham berhasil ditutup menguat sedangkan 124 saham melemah dan 91 saham lainnya stagnan dengan jumlah net buy asing mencapai 1.22T, jumlah yang cukup signifikan. Secara sektoral, hanya sektor barang konsumsi dan pertambangan yang mengalami penurunan, yaitu masing-masing 0.31% dan 0.11%. Delapan sektor lainnya berhasil mencatatkan kenaikan dengan kenaikan terbesar terjadi pada sektor aneka industri (+3.82%) disusul oleh sektor industri dasar (+2.31%) dan keuangan (+1.99%).

Dari sembilan saham terekomendasi hari Selasa, BMRI mencatatkan kenaikan terbesar yaitu 5.73% dan berhasil mencapai targetnya di 8300. Bagi BMRI, tercapainya target ini membuka jalan bagi tercapainya target berikutnya di 8650, 8900, 9000 dan selanjutnya di 9700. Perlu diperhatikan pula bahwa stop level untuk BMRI telah direvisi naik menjadi < 7200 dari sebelumnya di < 6850.

Dua saham lainnya yang berhasil mencatatkan kenaikan adalah BMTR (+0.57%) dan MNCN (+1.06%). DILD kembali ditutup melemah sebesar 1.45%, dan BBKP, CLPI, KLBF, LSIP dan TRIM masing-masing berakhir stagnan di posisi penutupan hari Senin.

Kenaikan JCI pada hari Selasa masih dipicu oleh sentimen global yang memprediksikan akan adanya stimulus dari Federal Reserve yang melangsungkan pertemuannya pada pekan ini. Data-data ekonomi yang memburuk di Amerika mengindikasikan bahwa Federal Reserve akan kembali mengeluarkan stimulus ekonomi. Sementara itu, pasar juga menantikan hasil pertemuan European Central Bank (ECB). Apakah ECB akan mampu merealisasikan pernyataan presiden ECB Mario Draghi pekan lalu yang mengisyaratkan bahwa ECB akan mengutamakan eksistensi euro di dunia. Jika ECB gagal mendukung pernyataan ini dengan tindakan riil, maka dikhawatirkan pasar akan cenderung berbalik menjadi negatif kembali.

Di bursa Eropa dan Amerika, indeks Dow Jones, DAX dan FTSE semuanya ditutup melemah terutama menjelang dilangsungkannya pertemuan FOMC dan juga ECB. Pasar cenderung memilih untuk berhati-hati dalam menyikapi kedua event ini dengan melakukan aksi profit-taking di Eropa dan juga di Amerika.

Hari Rabu ini diprediksi indeks berpotensi terkoreksi namun akan terbatas hingga 4110-4120. Resistance yang berikutnya bagi JCI adalah di 4200 dan berikutnya di  4234.73 yang merupakan level tertinggi bagi JCI selama ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar