DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 26 Juli 2012

Morning Brief - 27 Juli 2012

Market Preview

Indeks Dow Jones melesat tajam pada sesi perdagangan hari Kamis sebesar 211.88 poin atau 1.67% setelah presiden European Central Bank (ECB) mengindikasikan bahwa para pembuat kebijakan mungkin melakukan intervensi di pasar obligasi seiring dengan naiknya imbal balik di Spanyol dan Italia yang dikhawatirkan dapat mengancam eksistensi euro. Draghi menyatakan komitmennya untuk berupaya mempertahankan eksistensi euro. Sebelumnya, ECB enggan melanjutkan program pembelian obligasi sejak bulan Maret dan mendorong pemerintah negara-negara Eropa untuk mengendalikan defisitnya masing-masing. Indeks S&P 500 dan NASDAQ juga menguat masing-masing 1.65% dan 1.37%.


Pernyataan Draghi berhasil menahan kenaikan imbal hasil obligasi Spanyol dan Italia. Imbal hasil Italia untuk periode dua tahun turun 88 basis poin menjadi 4.06% sedangkan imbal hasil obligasi Spanyol untuk periode 10 tahun turun 45 basis poin menjadi 6.93%.

Lain halnya dengan Yunani, pembahasan anggaran Yunani untuk melakukan pemotongan anggaran sebesar 11.5 miliar euro berlangsung alot sehingga keputusan mengenai hal ini ditunda hingga pertemuan berikutnya pada tanggal 30 mendatang. Presiden Komisi Eropa Jose Barroso mengatakan bahwa Yunani harus bisa memberikan hasil nyata, bukan hanya kata-kata saja. Sementara itu, Troika yang tiba di Athena hari Kamis memulai evaluasinya akan perkembangan dari pelaksanaan program austerity di Yunani.

Sehari sebelumnya dikabarkan bahwa Citigroup kini melihat ada probabilitas sebesar 90% bakal keluarnya Yunani dari euro, sesuatu yang justru akan menggandakan utang Yunani karena adanya devaluasi dari mata uang Yunani yang baru terhadap euro. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah melakukan restrukturisasi utang Yunani kembali, termasuk dengan ECB menerima kerugian dari obligasi Yunaninya dan juga dengan memaksa para kreditur swasta yang Maret lalu menolak berpartisipasi untuk menerima opsi ini. Maret lalu pihak swasta setuju mengurangi beban utang Yunani hingga mencapai 100 miliar euro.

Dari Amerika, data jobless claims untuk pekan yang berakhir 21 Juli dilaporkan turun 35 ribu menjadi 353 ribu, lebih rendah dari ekspektasi para analis yang memprediksikan angka jobless claims di 380 ribu. Data lainnya yaitu durable goods orders dilaporkan naik 1.6% di bulan Juni, melebihi ekspektasi kenaikan 0.3%. Namun, kenaikan ini didominasi oleh item-item transportasi karena di luar item transportasi tingkat pemesanan justru turun 1.1%, jauh dari kenaikan di bulan sebelumnya yaitu sebesar 0.8%. Sementara itu, data pending home sales menunjukkan terjadinya perlambatan pada angka penjualan dari 14.7% di bulan Mei menjadi 8.4% di bulan Juni. Pasar sebelumnya memprediksikan kenaikan sebesar 12.1%. Dibandingkan bulan sebelumnya penjualan turun 1.4% dari sebelumnya meningkat 5.4%.

Hari Jumat ini data ekonomi di Amerika akan menghadirkan data GDP untuk triwulan kedua. Estimasi awal menunjukkan perlambatan dari 1.9% menjadi 1.4%. Data lainnya adalah angka konsumsi perorangan dan juga indeks kepercayaan dari Universitas Michigan.

Di sisi teknikal, kenaikan indeks Dow Jones memberikan indikasi bahwa JCI berpeluang menguat pada hari Jumat ini. Indeks diperkirakan mengincar resistance di 4019.76 dan 4036.74. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi 4053.72 dan 4074.72 untuk diuji oleh indeks. Penurunan indeks hari Jumat ini diperkirakan tidak akan terlalu signifikan. Dengan support terdekat berada di 3979.60, indeks berpeluang untuk mampu bertahan di atas level 4000. Meskipun diprediksi naik, indeks masih belum mampu keluar dari outlook negatifnya. Untuk mampu ‘lolos’ dari outlook negatif, indeks harus mampu menembus level 4108.67, atau setidaknya mempertahankan posisinya di atas 4000 hingga indikator-indikator seperti RSI dan MACD mampu kembali netral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar