DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Selasa, 02 Oktober 2012

Market Wrap - 02/10/2012

Market Review


Menjelang penutupan sesi perdagangan hari Selasa, Jakarta Composite Index (JCI) berhasil ditutup di area positif dengan membukukan kenaikan sebesar 0.48%. Indeks LQ-45 dan IDX 30 juga berakhir positif sebesar masing-masing 0.65% dan 0.44%. Sementara itu, di bursa regional indeks Nikkei dan KOSPI masing-masing melemah tipis sebesar 0.12% dan 0.01%. Bursa di China dan Hong Kong masih tutup karena adanya hari libur nasional.

Indeks sektor pertanian dan perdagangan menjadi dua sektor terlemah hari ini dengan penurunan masing-masing 0.55% dan 0.19%. Industri dasar menjadi sektor terkuat dengan kenaikan 1.38% diikuti oleh sektor manufaktur yang menguat 1.01% dan sektor aneka industri yang naik 0.93%.

Kenaikan hari ini didukung oleh menguatnya 114 saham, sementara 141 saham berakhir melemah. Sisanya sebanyak 107 saham berakhir stagnan. Posisi transaksi asing pada hari ini berakhir pada net buy senilai Rp.18.56 miliar.

Di antara sepuluh saham terekomendasi, kenaikan terbesar dialami oleh SMCB yang sempat mencapai 3,125 sebelum akhirnya ditutup di 3,100 (+4.2%). ESSA kembali melanjutkan kenaikannya hingga mencapai 2,900 meskipun akhirnya ditutup di 2,800 (+2.75%). Dua saham lainnya yang berakhir positif adalah BBCA (+0.64%) dan KLBF (+0.55%). Sebaliknya, INDS berakhir melemah 3.07% dan MDLN ditutup turun 1.79%. ASGR dan ARNA juga melemah dengan masing-masing turun 0.72% dan 0.99%. DART dan MNCN berakhir stagnan, namun MNCN sempat menguat hingga mencapai target akhirnya di 2,675. Dengan demikian, rekomendasi MNCN berakhir dengan gain sebesar 35.1%.

Kenaikan pada hari Selasa ini sebagian disebabkan oleh membaiknya sektor manufaktur di Amerika yang seperti diberitakan semalam indeks ISM dilaporkan melebihi ekspektasi para analis dan menanjak kembali di atas level 50 yang merupakan zona ekspansi.

Dari dalam negeri, paparan publik oleh BUMI dan BRAU mendapatkan perhatian khusus oleh pasar sehubungan dengan investigasi yang dilakukan oleh Bumi Plc. terhadap laporan keuangannya yang melibatkan BUMI dan juga BRAU.

Sementara itu, di Eropa bursa masih bergerak positif dengan indeks FTSE dan DAX bergerak di kisaran +0.12% hingga +0.34%. Moody’s Investors Service menyebutkan bahwa hasil audit terhadap keuangan Spanyol pekan lalu yang mengestimasi bahwa senilai 53.7 miliar euro akan dibutuhkan untuk menutup kekurangan dana pada sektor keuangan Spanyol berpotensi meleset. Moody’s memperkirakan dana yang dibutuhkan akan berjumlah antara 70 miliar hingga 105 miliar euro untuk menyerap kerugian perbankan dan juga untuk mempertahankan rasio modal di atas ambang batas yang ditetapkan dalam undang-undang tahun lalu. Menurut Moody’s, apabila para pelaku pasar meragukan hasil stress test ini, sentimen negatif pasar akan menghambat upaya pemerintah untuk sepenuhnya mengembalikan kepercayaan investor terhadap likuiditas dari perbankan Spanyol.

Arah pergerakan JCI untuk hari Rabu akan ditentukan oleh pergerakan bursa Amerika dan Eropa malam nanti. Selain itu, respon pasar terhadap paparan public BRAU dan BUMI juga akan mewarnai pergerakan hari Rabu. Secara teknikal potensi kenaikan indeks tetap terjaga dengan resistance terdekat berada di 4264.78 (intraday high Selasa) dan 4273 diikuti oleh 4335. Support tetap terdapat di 4190-4200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar