DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Rabu, 03 Oktober 2012

Morning Brief - 4 Oktober 2012

Market Preview


Indeks saham Eropa dan Amerika pada sesi perdagangan hari Rabu berakhir menguat dengan indeks Dow Jones naik 0.09%, S&P 500 dan NASDAQ ditutup naik 0.36% dan 0.49% sementara indeks FTSE dan DAX masing-masing menguat 0.28% dan 0.22%.

Data ekonomi yang dirilis di Amerika semalam mengimbangi mengecewakannya data-data ekonomi dari China dan Eropa yang dirilis sebelumnya.

Indeks PMI untuk sektor jasa yang dirilis pada Rabu kemarin menunjukkan bahwa perlambatan masih berpotensi berlanjut di China dan Eropa. Di China, indeks PMI dilaporkan melambat dari 56.3 menjadi 53.7 di bulan September, sementara di Perancis PMI mencatatkan penurunan dari 46.1 menjadi 45.0. PMI Jerman yang tadinya masih berada di zona ekspansi (>50) dilaporkan memasuki zona kontraksi yaitu dari 50.6 menjadi 49.7. Sebaliknya, PMI Italia dan zona euro meskipun mencatatkan kenaikan tipis masih belum mampu keluar dari area kontraksi. Di Inggris, indeks PMI juga menunjukkan perlambatan di sektor jasa dengan indeks mengalami penurunan dari 53.7 menjadi 52.2.

Katalis negatif lainnya masih datang dari zona euro dimana angka penjualan ritel di bulan Agustus dilaporkan hanya mampu naik tipis 0.1% dari bulan sebelumnya. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, penjualan justru mengalami penurunan 1.3%.

Apabila indeks PMI di China dan Eropa belum mampu menunjukkan perkembangan yang positif, data ISM untuk sektor non-manufaktur di Amerika (ekuivalen dengan PMI) justru dilaporkan naik dari 53.7 menjadi 55.1, melebihi ekspektasi para analis yang justru memprediksi penurunan menjadi 53.4. Data positif lainnya yang berhasil mengimbangi sentimen negatif pasar adalah adanya penambahan sebanyak 162 ribu lapangan kerja oleh sektor swasta yang meskipun turun dari 189 ribu di bulan sebelumnya, juga melebihi ekspektasi para analis yang memprediksikan penambahan 140 ribu lapangan kerja di bulan September.

Hari Kamis ini pasar akan menantikan hasil pertemuan Bank Sentral Inggris dan Eropa serta dirilisnya berita acara pertemuan Federal Reserve yang terakhir. Bank of England dan European Central Bank diperkirakan tidak akan mengubah tingkat suku bunga ataupun jumlah pembelian aset oleh Bank of England. Seperti biasa, data jobless claims mingguan akan dirilis malam nanti dengan prediksi terjadi kenaikan claims dalam sepekan yang lalu dari 359 ribu menjadi 370 ribu. Data pemesanan pabrik atau factory orders untuk periode Agustus juga akan dirilis hari ini dengan perkiraan para analis menunjukkan adanya penurunan pesanan sebesar 5.9% setelah sebelumnya terjadi kenaikan sebesar 2.8%.

Dari dalam negeri, setelah tertekan oleh melemahnya harga CPO sektor pertanian diperkirakan masih rentan terhadap penurunan lebih lanjut pada harga CPO. Harga CPO pada hari Rabu kemarin sempat mencapai RM 2,230/tonnya atau turun 1.1% dari hari sebelumnya di bursa berjangka Malaysia. Kontrak acuan bulan Desember pada akhirnya berhasil ditutup naik 4.3% menjadi RM 2,351/ton. Angka produksi CPO yang tinggi menjadi faktor utama merosotnya harga CPO baru-baru ini sehingga berdampak pada saham-saham perkebunan di Indonesia.

Jakarta Composite Index pada Kamis ini masih akan menghadapi support dan resistance yang sama yaitu antara 4190-4200 dan 4273-4335.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar