DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 22 November 2012

After-hours - 22 November 2012

Market Review

Meskipun sempat melemah hingga mencapai angka terendah di 4,308.39, Jakarta Composite Index (JCI) akhirnya berhasil ditutup di 4,335.93, naik 18.65 poin atau 0.43%. Sementara itu, indeks LQ-45 dan IDX30 juga berakhir positif dengan masing-masing mencatatkan kenaikan sebesar 0.62% dan 0.61%.

Di tingkat regional, indeks Nikkei, Hang Seng dan KOSPI juga berakhir positif dengan kenaikan sebesar 1.56%, 1.02%, dan 0.82%.

Kenaikan indeks pada hari ini didukung oleh kenaikan 154 saham, sementara 93 saham berakhir melemah dan 120 saham lainnya ditutup stagnan pada level penutupan hari Rabu kemarin. Posisi transaksi asing pada akhir sesi perdagangan mencapai net buy senilai Rp144.61 miliar.

Tiga sektor dari sepuluh sektor yang ada berakhir melemah, yaitu sektor pertambangan (-1.15%), sektor industri dasar (-0.82%) dan sektor pertanian (-0.12%). Sektor terbaik pada hari ini adalah sektor barang konsumsi yang menanjak 2.36%, diikuti oleh sektor properti (+0.97%) dan sektor manufaktur (+0.95%).

Dari delapan saham terekomendasi, kinerja terbaik datang dari ADHI yang menguat 6.67% hingga mencapai angka tertinggi 1600. Selain ADHI, CTRS juga mengalami kenaikan yang moderat yaitu sebesar 3.28% dan ISAT yang menguat 1.57% serta ASGR yang naik 0.75%. Walaupun tidak ada diantara delapan rekomendasi yang berakhir melemah, ESSA, INDS, MDLN dan SSIA berakhir stagnan pada level penutupan masing-masing pada hari Rabu kemarin.

Beberapa katalis positif yang mendukung kenaikan pada hari ini antara lain adalah optimisme pasar terhadap kemungkinan tercapainya kesepakatan antara partai Demokrat dan Republik dalam menetapkan anggaran belanja Amerika; selain itu juga ekspektasi terhadap prospek pemerintahan China di masa mendatang juga menjadi faktor positif bagi pasar. Sebaliknya, kenaikan indeks terhambat oleh gagalnya perundingan pencairan dana bailout Yunani karena terjadinya perbedaan pendapat di dalam lingkar Troika sendiri. Troika terdiri dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional. Kegagalan ini mengindikasikan bahwa nasib Yunani masih tidak menentu dan hal ini akan berdampak negatif bagi sentimen pasar apabila Yunani pada akhirnya mengalami kebangkrutan.

Hari Kamis ini bursa saham Amerika akan ditutup untuk memperingati hari Thanksgiving. Wall Street akan kembali dibuka pada hari Jumat namun dengan durasi waktu perdagangan yang lebih singkat dari biasanya.

Tutupnya Wall Street pada Kamis ini mengindikasikan bahwa pergerakan bursa regional pada hari Jumat akan cenderung tidak berbeda jauh dengan pergerakan hari ini dimana fluktuasi indeks masih berkisar antara 4,300 hingga 4,350.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar