DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 19 November 2012

Morning Dew - 20 November 2012

Market Preview

Optimisme terhadap kemungkinan tercapainya resolusi antara partai Demokrat dan partai Republik sehubungan dengan penentuan anggaran belanja Amerika  kembali menjadi katalis positif bagi bursa saham di Amerika. Presiden Barack Obama dijadwalkan akan bertemu dengan para senior dari kedua partai tersebut untuk mencari solusi untuk menghindarkan perekonomian dari jurang fiskal yang dikhawatirkan akan mendorong ekonomi Amerika ke periode resesi tahun depan. Jurang fiskal yang dimaksud adalah pemangkasan pengeluaran pemerintah secara otomatis disertai dengan peningkatan pajak senilai $607 miliar guna menekan tingkat defisit Amerika.


Di Eropa, penjualan industrial Italia dilaporkan mengalami penurunan tajam sebesar 4.2% di bulan September dibandingkan dengan angka penjualan bulan sebelumnya. Angka ini lebih buruk dari ekspektasi para analis yang sebelumnya memperkirakan penjualan mengalami penurunan sebesar 2.1%. Tidak hanya penjualan industrial, namun pemesanan produk-produk industrial juga mengalami penurunan tajam di bulan September, yaitu sebesar 12.8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya setelah sebelumnya di bulan Agustus mengalami penurunan sebesar 9%. Para analis sebelumnya memperkirakan penurunan yang terjadi hanyalah sebesar 7.3%.

Data yang dirilis di Amerika pada hari Senin menunjukkan bahwa penjualan existing home di bulan Oktober mengalami peningkatan menjadi 4.79 juta dari 4.69 juta dan lebih baik dari ekspektasi 4.75 juta. Jumlah ini menunjukan terjadinya lonjakan sebesar 2.1% setelah pada bulan sebelumnya terjadi penurunan sebesar 2.9%. Ekspektasi para analis sendiri menunjukkan adanya penurunan tipis sebesar 0.2%. Selain data tersebut juga dirilis indeks pasar perumahan NAHB untuk bulan November yang dilaporkan membaik dari 41 menjadi 46.

Membaiknya data ekonomi Amerika yang disertai dengan optimisme bahwa kesepakatan akan anggaran belanja Amerika menjadi katalis positif bagi bursa Amerika yang membawa indeks Dow Jones menguat 1.65% menjadi 12,796 sedangkan indeks S&P 500 dan NASDAQ ditutup naik 1.99% dan 2.21%. Sebelumnya di bursa Eropa indeks FTSE 100 dan DAX ditutup menguat masing-masing 2.36% dan 2.49% dan ditutup di 5,737.66 dan 7,123.84.

Kenaikan signifikan pada bursa Eropa dan Amerika pada hari Senin diperkirakan akan berdampak positif bagi kinerja Jakarta Composite Index (JCI) pada hari Selasa setelah pada hari Senin ditutup melemah. JCI diperkirakan akan kembali menguji resistancenya di 4,350 dimana terdapat peluang bagi indeks untuk menanjak lebih lanjut ke resistance berikutnya di 4,360 dan 4,370-4,380. Sebaliknya, seperti halnya pekan lalu indeks diperkirakan akan ditopang oleh support pertamanya di sekitar 4,300. Daerah support bagi indeks berikutnya berada di sekitar 4,270-4,280 dengan support utama di 4,242.

Data ekonomi Amerika yang akan dirilis pada hari Selasa antara lain housing starts untuk bulan Oktober dan data perijinan pembangunan bangunan (building permits) untuk periode Oktober. Housing starts diperkirakan mengalami penurunan dari 872 ribu di bulan September menjadi 840 ribu atau dari sebelumnya naik 15% menjadi menurun sebesar 3.7%, sedangkan untuk building permits juga diperkirakan terjadi penurunan 2.8% menjadi 865 ribu setelah pada bulan sebelumnya mengalami kenaikan 11.1% menjadi 890 ribu.

Selain data ekonomi diatas, pimpinan Federal Reserve Ben Bernanke juga akan menyampaikan pidatonya dalam acara yang diselenggarakan oleh Economic Club of New York. Diperkirakan tidak ada kejutan yang akan disampaikan oleh Bernanke pada acara tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar