DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 26 November 2012

Morning Dew - 27 November 2012

Market Preview



Menjelang pertemuan Kongres Amerika untuk membahas mengenai penetapan anggaran belanja Amerika guna menghindarkan perekonomian Amerika dari jurang fiskal, saham-saham di Amerika cenderung ditutup melemah pada hari Senin. Selain pertemuan Kongres, di Eropa para menteri keuangan zona euro juga tengah membahas mengenai pencairan dana bailout Yunani dimana dalam beberapa kali pertemuan sebelumnya gagal mencapai kesepakatan.

Indeks Dow Jones ditutup melemah 42.31 poin atau 0.33% di 12,967.40, indeks S&P 500 ditutup turun 0.20% atau 2.86 poin di 1,406.29, namun sebaliknya indeks NASDAQ berhasil menguat 0.33% atau 9.93 poin menjadi 2,976.78. Indeks FTSE dan DAX di Eropa juga berakhir melemah yaitu masing-masing sebesar 0.56% dan 0.23% di 5,786.72 dan 7,292.03.

Belum menentunya hasil dari pembahasan mengenai isu anggaran Amerika dan pencairan dana bailout Yunani ini kembali menjadi batu sandungan bagi pasar untuk melanjutkan kenaikannya. Kongres Amerika akan kembali bertemu pekan ini untuk membicarakan solusi untuk menghindarkan perekonomian Amerika dari jurang fiskal dimana akan terjadi pemotongan anggaran secara otomatis disertai oleh kenaikan pajak senilai $607 miliar apabila antara partai Demokrat dan Republik tidak dapat tercapai kesepakatan dalam penetapan anggaran belanja negara. Di satu sisi, partai Republik menginginkan kenaikan pendapatan pajak dengan membatasi pengurangan anggaran sementara di pihak partai demokrat diupayakan adanya kenaikan pajak untuk kalangan berpenghasilan tinggi. Kantor anggaran kongres Amerika sendiri telah mengingatkan bahwa apabila perekonomian Amerika terjerumus ke dalam jurang fiskal akan terjadi resesi dengan tingkat pengangguran sebesar 9%. Tingkat pengangguran saat ini di Amerika berada di angka 7.9% per  bulan Oktober lalu. 

Di Eropa, kegagalan perundingan antara Eropa dengan IMF sehubungan dengan pencairan dana untuk Yunani juga menjadi ganjalan bagi sentimen pasar. Para menteri keuangan zona euro tengah mencari solusi bagaimana mencairkan dana bailout Yunani di tengah penolakan IMF terhadap perpanjangan waktu bagi Yunani hingga dua tahun untuk menurunkan tingkat defisitnya terhadap GDP.

Melemahnya indeks saham di Eropa dan Amerika mengindikasikan bahwa pergerakan Jakarta Composite Index (JCI) cenderung mengarah ke zona negatif pada sesi perdagangan hari Selasa ini, namun hal ini diperkirakan akan diimbangi oleh pernyataan dari Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi yang mengatakan bahwa para menteri keuangan zona euro telah mencapai kesepakatan sehubungan dengan pencairan dana bailout untuk Yunani. Namun, Draghi tidak merinci lebih lanjut mengenai kesepakatan yang dicapai ini. 

Perlu ditekankan bahwa tanpa rincian lebih lanjut mengenai kesepakatan bailout Yunani, pasar masih akan cenderung berhati-hati, terlebih dengan masih belum adanya kesepakatan anggaran belanja Amerika.

Indeks kemungkinan akan kembali terkoreksi mencapai 4,350-4,360 yang merupakan level resistance sebelumnya yang saat ini telah beralih fungsi menjadi level support. Di sisi atas, peluang bagi indeks untuk menanjak lebih lanjut menuju 4,400 masih tetap terjaga walaupun risiko terjadinya koreksi hingga kembali ke area supportnya di 4,290-4,300 juga masih membayangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar