DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Rabu, 28 November 2012

Morning Dew - 29 November 2012

Market Preview


Setelah dalam beberapa sesi bursa saham di Amerika didera oleh penurunan, indeks Dow Jones pada hari Rabu ditutup menguat 0.83% sedangkan indeks S&P 500 menanjak 0.79% sementara indeks NASDAQ yang didominasi oleh saham-saham teknologi berakhir naik 0.81%.

Di Eropa, indeks FTSE 100 Inggris dan DAX 30 Jerman juga berhasil mencatatkan kenaikan masing-masing sebesar 0.06% dan 0.15% setelah pada hari sebelumnya dilaporkan bahwa negosiasi mengenai pencairan bailout Yunani telah mencapai komprominya antara pihak Komisi Eropa, Dana Moneter Internasional dan pihak Bank Sentral Eropa.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa tingkat penjualan rumah baru di Amerika pada bulan Oktober menurun 0.3% dari bulan sebelumnya setelah pada periode sebelumnya mengalami kenaikan 0.8%. Hasil ini berada di bawah ekspektasi para analis yang sebelumnya memperkirakan penjualan mengalami perlambatan dengan meningkat 0.3%.

Dari survey Beige Book yang dirilis oleh Federal Reserve disebutkan bahwa perekonomian Amerika mengalami ekspansi pada tingkat yang terukur dalam beberapa pekan terakhir seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dan juga membaiknya sektor perumahan yang diimbangi oleh terjadinya perlambatan pada sektor manufaktur dan juga dampak dari badai Sandy beberapa waktu lalu.

Survey Beige Book juga mengindikasikan bahwa para pembuat kebijakan di Federal Reserve kemungkinan tidak akan menurunkan pembelian bulanan mereka berupa utang perumahan senilai $40 miliar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Amerika. Selain itu, menurut Fed kesepakatan dalam upaya menurunkan defisit anggaran pemerintah tanpa melalui kenaikan pajak yang mendadak dan juga tanpa melakukan pemotongan pengeluaran juga akan menghilangkan satu faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan dari pihak partai Republik, John Boehner, menjadi faktor utama yang mendukung kenaikan pada hari Rabu. Boehner mengatakan bahwa dirinya optimis bahwa perundingan anggaran yang tengah dilakukan saat ini akan dapat menghindarkan perekonomian Amerika dari krisis dalam waktu dekat. Sementara itu, presiden Barack Obama mengatakan bahwa semakin banyak anggota partai Republik yang setuju pada pendekatan berimbang yang diajukannya untuk mengurangi defisit dan Obama juga mengatakan bahwa dia berharap kesepakatan akan dapat tercapai sebelum hari Natal mendatang.

Obama tengah mengupayakan supaya Kongres setuju untuk memperpanjang pemotongan pajak untuk kelas menengah sementara pihak Boehner terus menolak rencana penghapusan pemotongan pajak untuk kalangan atas dan juga menginginkan supaya pihak Demokrat serius dalam melakukan pemotongan anggaran. Hari ini di Amerika Obama mengutus Treasury Secretary Tim Geithner untuk bertemu dnegan para pimpinan kongres untuk membahas upaya untuk menghindarkan Amerika dari jurang fiskal (fiscal cliff) yang berpotensi terjadi apabila terjadi kenaikan pajak dan pemotongan pengeluaran anggaran secara otomatis senilai lebih dari $600 miliar tahun depan jika kesepakatan gagal dicapai.

Setelah melemah tajam pada sesi hari Rabu, JCI diperkirakan akan kembali bergerak dalam rentang konsolidasinya diantara 4,300 hingga 4,350, didukung oleh kenaikan indeks Dow dan juga indeks saham di Eropa semalam. Support di bawah rentang ini terdapat di 4,270-80 sementara resistance di atas rentang tersebut berada di 4,370-4,380.


Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar