DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 01 November 2012

Morning Dew - 2 November 2012

Market Preview

Bursa Eropa dan Amerika pada hari Kamis berbalik berakhir menguat setelah data ekonomi dari Amerika disambut positif oleh para pelaku pasar. Indeks Dow Jones berakhir menguat 1.04%, indeks S&P 500 juga menanjak hingga 1.09%, demikian pula dengan indeks NASDAQ yang menguat 1.44%. Di London dan Frankfurt, indeks FTSE dan DAX masing-masing mencatatkan kenaikan sebesar 1.37% dan 1.03%.


Berdasarkan laporan ADP, sektor swasta selama bulan Oktober lalu menambahkan sebanyak 158 ribu lapangan kerja pada perekonomian Amerika, melebihi ekspektasi para analis yang sebelumnya memperkirakan penambahan hanya sebanyak 131 ribu. Pada bulan September sebelumnya, sektor swasta mencatatkan penambahan jumlah lapangan kerja baru sebanyak 114 ribu.

Angka jobless claims juga dilaporkan menurun sepanjang sepekan yang berakhir 27 Oktober. Jumlah klaim yang diajukan tercatat sebanyak 363 ribu, turun dari 372 ribu yang tercatat pada pekan sebelumnya dan juga berada di bawah ekspektasi para analis yang memperkirakan jumlah klaim akan mencapai 370 ribu.

Data indeks kepercayaan konsumen juga dianggap memuaskan dimana dilaporkan terjadi peningkatan dari 68.4 menjadi 72.2 di bulan Oktober. Meskipun demikian, sebelumnya para analis memprediksikan indeks kepercayaan konsumen akan berada di 72.2. Data ISM untuk sektor manufaktur juga dirilis pada Kamis malam kemarin. Di bulan Oktober, indeks ISM naik dari 51.5 menjadi 51.7 setelah sebelumnya para pelaku pasar memperkirakan akan terjadi penurunan menjadi 51.0 di bulan Oktober. Sebelumnya juga dilaporkan bahwa indeks PMI China menanjak hingga mencapai 50.2 di bulan Oktober, suatu pertanda bagi membaiknya prospek pertumbuhan ekonomi di China setelah mengalami perlambatan sebanyak tujuh kali berturut-turut.

Positifnya implikasi dari dirilisnya ketiga data ekonomi ini mendorong indeks Dow, S&P dan NASDAQ masing-masing menguat hingga melebihi 1%, demikian pula halnya dengan indeks FTSE dan DAX di Eropa.

Menjelang sesi perdagangan hari Jumat, Jakarta Composite Index diperkirakan masih akan bertahan di dalam rentang harga antara 4,300 hingga 4,350 namun dengan bias positif. Resistance terdekat bagi JCI berada di 4,376.13 dan selanjutnya di 4,410 dan 4,450. Sebaliknya, support diperkirakan berada di 4,300 dan selanjutnya di 4,246.

Malam ini data nonfarm payrolls akan dirilis dan pasar memperkirakan sektor pemerintah dan swasta menambahkan sebanyak 125 ribu lapangan kerja di Amerika sedangkan tingkat pengangguran diprediksi akan naik tipis dari 7.8% menjadi 7.9%.



Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar