DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 29 Juni 2012

Humpuss Belum Dapat Jual Treasury Stock


INILAH.COM, Jakarta - PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) belum dapat menjual tresury stock sekitar 309 juta saham. Saham HITS tidak likuid menjadi pertimbangan menjual saham treasury stock.

"Saat ini belum ada perkembangan untuk treasury stock. Salah satunya akan ditawarkan ke legal dispute kita salah satu dari Korea, dan juga sulit untuk dijadikan repurchase agreement," ujar Direktur PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk Permasi, Soekasa, Jumat (29/6/2012).

Lebih lanjut ia menuturkan, salah satu hal yang membuat treasury stock belum dapat dijual karena saham perseroan tidak likuid. "Saat ini pergerakan saham HITS di level Rp230 per saham," tutur Permadi.

Selain itu, perseroan juga belum berencana untuk menerbitkan medium term notes (MTN). Hal itu dikarenakan penerbitan MTN membutuhkan rating, namun rating perusahaan tidak begitu baik.

Sementara itu, Direktur Utama PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk Theo Lekatomepssy menuturkan, treasury stock perseroan dapat ditawarkan kepada pihak dispute perseroan. Hal itu mengingat perseroan mencatatkan kerugian immaterial sekitar US$100 juta ke pihak dispute. "Treasury stock tersebut dapat ditawarkan ke pihak dispute. Mereka harus beli tapi tidak bayar," kata Theo.

Sekedar informasi, perseroan akan menjual sekitar 6,63% atau 309,04 juta saham dari total 4,661 miliar saham. Dengan penjualan treasury stock tersebut perseroan bisa mendapatkan dana segar. Sebelumnya perseroan masih memiliki sengketa hukum dengan para pemilik kapal yang disewa dengan opsi beli dari Hanjin (Korea), Parbulk (Norwegia), dan Empire (Yunani) telah dikembalikan kepada para pemiliknya masing-masing tanpa menunggu periode kontrak berakhir.

Pada 2011, pemilik kapal mengeksekusi keputusan LMAA terhadap anak-anak perusahaan Humpuss Sea Transport Pte Ltd yang bersengketa dengan para pemilik kapal luar negari tersebut. Akhirnya pada awal 2012, pemilik kapal khususnya Empire melikuidasi Humpuss Sea Transport yang sudah tidak aktif beroperasi sejak 2009.

Dilikuidasinya Humpuss Sea Transport oleh likuidator menyebabkan pihak auditor independen dalam hal ini kantor Akuntan Publik Purwantono, Suherman, dan Surja tidak dapat meyakini melalui penerapan prosedur audit atas pemulihan investasi perseroan pada Humpuss Sea Transport, timbulnya liabilitas atau kerugian dan opini yang diberikan adalah disclaimer atas laporan keuangan konsolidasi HITS dan entitas anak perusahaan pada 31 Desember 2011.

Adapun sengketa hukum perseroan terjadi berawal pada 2007 saat HITS melakukan pengembangan usaha di luar core business yaitu angkutan bul carrier dan chemical carrier. Pada 2008, ketika krisis ekonomi yang melanda dunia berdampak terhadap pasar pelayaran di Indonesia. [hid]

http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1877442/humpuss-belum-dapat-jual-treasury-stock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar