DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 29 Juni 2012

Market Wrap - 29/06/2012

Market Review


Dilonggarkannya ketentuan pembayaran utang untuk perbankan Spanyol menjadi pemicu membaiknya sentimen bursa regional pada hari Jumat yang juga merupakan hari terakhir perdagangan bulan Juni sekaligus triwulan kedua tahun ini.

JCI melesat 1.75%, indeks LQ-45 dan IDX30 masing-masing menanjak 1.82% dan 1.96%. Sebanyak 208 saham berhasil menguat sedangkan 56 saham lainnya melemah. Sementara itu, 85 saham stagnan. Seluruh sektor mendukung kenaikan pada hari Jumat ini dengan sektor pertambangan menjadi sektor terbaik hari Jumat ini dengan kenaikan 3.46% sedangkan sektor pertanian underperform dengan kenaikan tipis sebesar 0.19%.

Para pemimpin zona euro pada akhirnya menyepakati pelonggaran ketentuan-ketentuan pinjaman darurat bagi perbankan Spanyol dan juga kemungkinan bantuan serupa untuk Italia, sesuatu yang sebelumnya ditentang oleh Kanselir Jerman Angela Merkel. Secara spesifik, ketentuan bahwa para pembayar pajak harus memiliki status kreditur terpilih untuk membantu sektor perbankan Spanyol dihapus sehingga hal ini membuka jalan bagi rekapitalisasi perbankan Spanyol secara langsung dengan menggunakan dana darurat Eropa pada saat nanti Eropa telah membentuk institusi pengawas perbankan Eropa. Langkah ini juga berarti negara-negara euro memiliki akses ke dana pinjaman darurat euro tanpa perlu melepaskan hak mereka dalam mengatur perekonomian.

Dari 10 saham terekomendasi, ASRI mencatat kinerja terbaik dengan kenaikan 3.16% diikuti oleh JSMR yang menguat 2.86%. BMTR juga berhasil ditutup naik 2.7% sementara BBKP, BMRI dan TRIM masing-masing menguat 1.61%, 1.41% dan 0.81%. CLPI dan KLBF stagnan di 1800 dan 3775 sedangkan dua saham lainnya yaitu LSIP dan TURI ditutup melemah 0.93% dan 1.3%.

Berhasilnya indeks menembus level resistance di 3944/3952 mengindikasikan bahwa potensi kenaikan hingga menguji target berikutnya di 3990-4012 tetap terjaga. Support terdekat berada di 3950, 3936, dan 3925 sementara support paling krusial untuk pekan mendatang tetap berada di 3843.

Prediksi untuk bursa Amerika malam ini juga cenderung positif. Investor diprediksi akan menyambut baik hasil keputusan KTT Eropa meskipun masih dibayang-bayangi keraguan terhadap efektivitas pelaksanaannya.

Sementara ini, bursa Eropa menyambut baik keputusan KTT Eropa dengan indeks FTSE mencatat kenaikan 1.3% dan indeks DAX melesat 2.12%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar