DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 10 September 2012

Market Wrap - 10/09/2012

Market Review



Melesetnya perkiraan data nonfarm payrolls pada hari Jumat kemarin menjadi batu sandungan bagi kinerja bursa regional pada hari Senin. Indeks Nikkei dan KOSPI berakhir negatif dengan masing-masing melemah 0.03% dan 0.25% sementara indeks Hang Seng hanya berhasil mencatatkan kenaikan tipis sebesar 0.13%.

Jakarta Composite Index (JCI), indeks LQ-45 dan IDX 30 sebaliknya berhasil secara serentak mencatatkan penguatan meskipun terbatas. JCI ditutup naik 0.41% sedangkan indeks LQ-45 berakhir menguat 0.59%. IDX30 sendiri membukukan kenaikan sebesar 0.68%.

Hanya dua sektor dari sepuluh sektor yang melemah pada hari Senin ini. Sektor infrastruktur melemah 0.99% sedangkan sektor keuangan tergerus 0.43%. Sebaliknya, sektor aneka industri menguat signifikan sebesar 3.28%, diikuti oleh sektor manufaktur (+1.4%) dan sektor perdagangan (+0.95%).

Meskipun JCI berakhir positif, sebanyak 140 saham berakhir melemah, melebihi jumlah saham yang berakhir positif, yaitu 100. Sebanyak 100 saham lainnya berakhir stagnan. Pihak asing masih mencatatkan net buy senilai 278.29 miliar.

Indeks berhasil melewati resistancenya di 4157 dan dengan ditutup di 4160.66 mengindikasikan bahwa penguatan hari ini berpotensi berlanjut pada hari Selasa dengan target berikutnya berada di 4183 dan berikutnya di 4215 dan 4235. Di sisi support indeks diperkirakan bakal tertahan di support Fibonacci pertama di 4141, diikuti oleh 4126, 4115 dan 4103.

Berbagai isu di pasar global akan mewarnai pekan ini. Keputusan pengadilan tinggi Jerman dan pertemuan FOMC akan menjadi fokus utama para investor. Data payrolls yang meleset dari ekspektasi berpotensi mendorong Fed untuk mengumumkan stimulus baru, sedangkan risiko dari penolakan pengadilan tinggi Jerman terhadap partisipasi Jerman dalam dana penanggulangan krisis Eropa diprediksi akan cenderung mendorong keputusan dari pengadilan tinggi ini ke arah positif. Meskipun demikian, diperkirakan pengadilan tinggi Jerman akan menuntut berbagai persyaratan ketat dalam partisipasi Jerman dalam dana darurat Eropa. Seberapa kompleks persyaratan inilah yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya upaya Eropa untuk mengakhiri krisis yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar