DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 13 September 2012

Market Wrap - 13/09/2012

Market Review



Menjelang diumumkannya hasil pertemuan FOMC malam nanti, bursa domestik cenderung menunggu dengan pergerakan hari ini diwarnai oleh aksi profit-taking setelah pasar menanjak pada hari Rabu kemarin. Jakarta Composite Index (JCI) ditutup turun 0.08%, sedangkan indeks LQ-45 dan IDX 30 juga berakhir melemah masing-masing 0.18% dan 0.20%.

Di tingkat regional, indeks Nikkei dan KOSPI berhasil ditutup menguat masing-masing 0.39% dan 0.03% sementara sebaliknya indeks Hang Seng ditutup turun 0.14%.

Dari sepuluh sektor yang ada, empat sektor ditutup menguat dengan kinerja terbaik terjadi di sektor perdagangan (+0.83%) diikuti oleh sektor pertanian (+0.76%) dan sektor pertambangan (+0.57%). Sektor industri dasar menjadi sektor terlemah dengan penurunan sebesar 0.79% sementara sektor aneka industri tergelincir 0.56% diikuti oleh sektor manufaktur yang melemah 0.49%.

Sebanyak 106 saham mencatatkan kenaikan, sedangkan 147 saham mengalami penurunan. Sementara itu sebanyak 98 saham berakhir stagnan. Posisi asing pada hari Kamis ini berakhir dengan net BUY senilai 480.38 miliar.

Dari sepuluh saham yang terekomendasi, kenaikan terbesar dibukukan oleh MAPI yang menguat 1.43%, sedangkan ARNA dan MNCN masing-masing ditutup naik 1.18% dan 1.12%. BBKP, TRIM, ASGR, dan ESSA berakhir stagnan sedangkan DART, KLBF dan SMCB masing-masing melemah 2.99%, 0.57% dan 3.74%.

Kenaikan hari ini didukung oleh 163 saham sedangkan sebanyak 93 saham berakhir stagnan. Sementara itu, 88 saham berakhir melemah. Posisi asing pada akhir perdagangan berakhir dalam kondisi net sell sebesar 4.08 miliar.

ASGR dan SMCB merupakan dua dari sepuluh rekomendasi yang berakhir melemah pada hari ini. ASGR turun 1.45% sedangkan SMCB melemah 0.93%. BBKP, TRIM, ESSA, KLBF, MAPI, dan MNCN ditutup stagnan, dan di lain sisi kinerja positif dibukukan oleh ARNA (+2.41%) dan DART (+1.52%).

Pertemuan FOMC yang akan berakhir malam nanti akan menjadi fokus pasar pada sesi perdagangan hari Jumat. Pasar menantikan adanya petunjuk baru dari Federal Reserve mengenai QE3 dimana Fed diperkirakan akan menambah pembelian obligasi yang ditujukan untuk memacu kembali perekonomian Amerika. Namun, ada kemungkinan dimana Fed akan kembali mengundur dimulainya QE3 atau Fed hanya akan memperpanjang periode suku bunga rendah hingga 2015.

Statement dari Fed inilah yang akan menjadi penggerak utama pasar pada sesi perdagangan hari Jumat besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar