DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 14 September 2012

Market Wrap - 14/09/2012

Market Review



Langkah QE3 yang diambil oleh Federal Reserve menjadi katalis positif utama yang memicu kenaikan tajam pada saham-saham regional pada Jumat ini.

Jakarta Composite Index (JCI) pada saat penutupan berada 2.07% lebih tinggi dari angka penutupan Kamis, sementara indeks LQ-45 dan IDX30 juga melonjak cukup signifikan masing-masing 2.32% dan 2.38%.

Di tingkat regional, indeks Hang Seng dan KOSPI melesat masing-masing hampir sebesar 3% sedangkan indeks Nikkei menanjak 1.83%.

Kenaikan tajam pada indeks secara keseluruhan tidak dialami oleh sektor barang konsumsi yang turun tipis 0.03%. Sebaliknya, kinerja sektor pertambangan merupakan yang terbaik hari ini dengan kenaikan tajam sebesar 4.48% diikuti oleh sektor pertanian (+3.88%) dan sektor industri dasar (+3.47%).

Posisi asing hari ini berakhir pada net BUY dengan jumlah cukup signifikan, yaitu Rp.1356.51 miliar. Sebanyak 209 saham ditutup menguat, 52 saham berakhir melemah dan 100 saham lainnya tidak beranjak dari harga penutupan hari Kamis.

Kenaikan JCI hari ini berhasil menembus level tertingginya di 4235 dan mencapai 4269.05 level tertinggi sejak dimulainya indeks JCI. Tembusnya level resistance ini membawa indeks melewati target Fibonacci di 4263.65 sebelum terkoreksi menjelang penutupan. Berdasarkan struktur zigzag yang terbentuk oleh JCI, target Fibonacci berikutnya berada di 4652.06, suatu potensi kenaikan 10% untuk jangka waktu menengah hingga panjang. Sebaliknya, support bagi indeks saat ini berada di 4235 yang sebelumnya berfungsi sebagai level resistance.

Dimulainya QE3 diperkirakan akan menggairahkan pasar dalam jangka pendek, namun masih perlu diwaspadai potensi berkembangnya isu-isu negatif dari Eropa maupun China. Hingga sore ini indeks saham di Eropa juga menyambut positif langkah Federal Reserve. Indeks FTSE 100 dan DAX masing-masing menanjak 1.52% dan 1.42%, dan untuk kontrak berjangka indeks S&P juga bergerak positif, indikasi bahwa indeks saham Amerika akan melanjutkan kenaikannya malam nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar