DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Rabu, 26 September 2012

Market Wrap - 26/09/2012

Market Review


Kekhawatiran akan prospek terlaksananya program austerity di Spanyol menjadi katalis negatif yang menyeret bursa regional hingga ditutup di zona merah pada sesi perdagangan Rabu.

Jakarta Composite Index ditutup melemah 1.11%, indeks LQ-45 dan IDX 30 masing-masing berakhir turun 1.21% dan 1.12%. Sementara itu, indeks Nikkei terpuruk 2.03% dan indeks Hang Seng beserta KOSPI juga turut melemah masing-masing 0.83% dan 0.55%.

Dari sepuluh sektor yang ada, hanya sektor keuangan yang berhasil mencatatkan kenaikan pada hari ini. Sektor terburuk hari ini adalah aneka industri (-2.55%), sektor manufaktur (-1.99%) dan sektor pertanian (-1.81%).

Sebanyak 196 saham melemah sedangkan 86 saham lainnya menguat. Sementara itu 78 saham berakhir stagnan pada harga penutupan hari Selasa kemarin. Walaupun JCI melemah, posisi transaksi asing berakhir pada net buy senilai Rp.192.98 miliar.

TRIM mencatatkan kenaikan terbesar yaitu 4.35%, diikuti oleh ARNA yang menguat 1.02%. Sementara itu, ASGR, BBKP, KLBF, dan MNCN ditutup stagnan. Penurunan terbesar dialami oleh DART (-4.35%), SMCB (-2.68%) dan BBCA (-0.64%).

Terpuruknya JCI berlanjut setelah indeks menembus level support sebelumnya di 4190 dan sempat menembus support selanjutnya di 4169 hingga mencatat level terendah di 4153.45 sebelum akhirnya ditutup di 4180.16. Support selanjutnya untuk JCI berada di 4125 dan 4090 sedangkan untuk resistance berada di 4190 (level support sebelumnya) dan 4220-4230.

Memasuki sesi perdagangan di Eropa, baik indeks FTSE dan DAX keduanya saat ini tengah berada di zona merah dengan penurunan masing-masing 1.15% dan 1.58%. Kekhawatiran akan prospek pemulihan ekonomi di Spanyol menjadi faktor negatif bagi sentimen pasar saat ini. Pekan ini Spanyol akan mengumumkan rancangan anggaran belanjanya dan juga program reformasi yang akan dilakukan untuk memulihkan perekonomiannya.

Disebutkan bahwa PM Mariano Rajoy berencana menunda keputusan pengajuan bantuan bailout dari Eropa guna menantikan persyaratan yang lebih mudah bagi Spanyol. Spanyol kemungkinan akan menunggu hingga Italia terdesak hingga perlu mengajukan permintaan bailout pada Uni Eropa sehingga Spanyol ditempatkan pada posisi yang lebih baik dalam hal tawar-menawar kondisi bailout yang harus diturutinya. Sebelumnya, Rajoy mengatakan bahwa dirinya tidak dapat memutuskan apakah Spanyol akan mengajukan permintaan bailout atau tidak sebelum segala persyaratan dari Eropa diketahui secara detil. Selain itu, Rajoy juga sempat mengatakan bahwa menurutnya bukanlah suatu keharusan bagi Spanyol saat ini untuk mengajukan permintaan bailout.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar