DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Sabtu, 08 September 2012

Morning Brief - 10 September 2012

Market Preview


Data nonfarm payrolls yang dirilis pada hari Jumat kemarin gagal memenuhi ekspektasi pasar sehingga menahan potensi melajunya indeks saham Amerika dan Eropa.

Indeks Dow Jones ditutup naik tipis 0.11%, indeks S&P dan NASDAQ masing-masing menguat 0.41% dan 0.02% sementara di Eropa indeks FTSE dan DAX masing-masing berakhir menguat 0.3% dan 0.66%.

Bursa Asia sebelumnya menyambut positif keputusan dari ECB untuk menjalankan program pembelian obligasi pemerintah dalam jumlah yang tidak terbatas. Jakarta Composite Index menguat 0.99% sedangkan indeks LQ-45 dan IDX30 melesat 1.13% dan 1.29%. Euphoria di tingkat regional juga mendongkrak kinerja saham di Jepang, Hong Kong dan Korea. Indeks Hang Seng mengalami kenaikan terbesar yaitu 3.09% dibandingkan kenaikan yang dialami oleh indeks Nikkei dan KOSPI yang masing-masing menanjak tajam 2.2% dan 2.57%.

Perekonomian Amerika pada bulan Agustus lalu dilaporkan menambahkan 96 ribu pekerja setelah pada bulan Juli menambahkan 141 ribu pekerja. Angka bulan Juli direvisi dari angka sebelumnya yaitu  163 ribu sementara perkiraan para analis berada di 130 ribu. Angka pengangguran sebaliknya membaik dari 8.3% menjadi 8.1%, namun perlu diperhatikan bahwa sampling dari survey nonfarm payrolls dan survey tingkat pengangguran menggunakan data yang berbeda sehingga terdapat kemungkinan terjadi perbedaan antara keduanya.

Walaupun gagal melebihi ekspektasi, namun sebagian pelaku pasar berasumsi bahwa angka payrolls bulan Agustus ini justru dapat meningkatkan kemungkinan Federal Reserve akan mengeluarkan program stimulus yang baru guna mengangkat kembali kinerja perekonomian Amerika, terutama di sisi ketenagakerjaan.

Pekan mendatang akan dilangsungkan pertemuan FOMC dimana para pejabat Federal Reserve akan mendiskusikan langkah moneter mereka berikutnya dan menentukan apakah Fed akan kembali mengeluarkan program stimulusnya.

Bagi indeks lokal, tersendatnya laju kenaikan indeks Dow hari Jumat dapat memicu terjadinya aksi profit-taking, namun dengan meningkatnya optimisme terhadap kemungkinan adanya stimulus baru dari Fed dapat mengangkat kinerja bursa lokal hari Senin mendatang.

Level support untuk indeks berada di 4065 dan 3978 sementara level resistance berada di 4157, 4183, 4215, dan 4235.


Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar