DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 28 September 2012

Market Wrap - 28/09/2012

Market Review


Positifnya sambutan pasar terhadap rancangan anggaran belanja Spanyol menjadi katalis positif utama menguatnya saham-saham di bursa regional pada hari Jumat ini.

Terkecuali indeks Nikkei yang melemah 0.89%, Jakarta Composite Index, LQ-45 dan IDX30 beserta indeks Hang Seng dan KOSPI berakhir di zona hijau.

Seluruh sektor JCI yang ada juga mencatatkan kenaikan dengan dipimpin oleh sektor properti (+1.73%) dan barang konsumsi (+1.72%). Sektor dengan kenaikan terkecil adalah sektor keuangan (+0.06%) dan sektor pertanian (+0.4%).

Posisi transaksi asing berakhir pada posisi net BUY senilai Rp.534.13 miliar. Sebanyak 158 saham ditutup naik, sementara 89 saham berakhir melemah dan 119 saham berakhir stagnan.

Diantara sepuluh saham terekomendasi, kenaikan terbesar dibukukan oleh KLBF yang melesat 9.3% sehingga mencapai level tertinggi di 4700. Dengan demikian KLBF semakin mendekati dua target terakhirnya di 4800 dan 4900. MNCN juga melonjak sebesar 4% hingga mencapai titik tertinggi di 2600 dan menyisakan 2675 sebagai target akhirnya. Di urutan ketiga, MDLN yang baru saja masuk daftar rekomendasi menguat 3.7% hingga menyentuh targetnya yang pertama di 580 sebelum ditutup di 560.

Sebaliknya, dua saham berakhir melemah yaitu ASGR (-1.43%) dan DART (-1.49%). ARNA dan BBCA ditutup di harga yang sama dengan penutupan Kamis.

Sentimen positif di bursa Asia datang dari Eropa dimana pasar menyambut positif rancangan anggaran belanja Spanyol untuk tahun 2013. Secara keseluruhan, apabila disetujui maka pengeluaran pemerintah Spanyol akan berkurang senilai 40 miliar euro. Meskipun demikan, investor masih mewaspadai hasil evaluasi dari Moody’s seputar kemungkinan diturunkannya peringkat utang Spanyol. Di sisi lain, pasar juga menantikan hasil stress test independen terhadap perbankan Spanyol yang akan dirilis hari Jumat. Sementara ini diperkirakan hasil audit perbankan tersebut akan menunjukkan adanya kekurangan modal sebesar 60 miliar euro. Dari Perancis, pemerintah Perancis akan mengumumkan anggaran belanjanya dengan pengurangan pengeluaran pemerintah senilai 10 miliar euro dan juga adanya kenaikan pajak senilai 20 miliar euro yang ditujukan untuk mengurangi defisit menjadi 3% dari GDP 2013 dibandingkan dengan 4.5% yang diproyeksikan sebelumnya tahun ini.

Hingga sore ini indeks FTSE dan DAX masing-masing masih menguat tipis sebesar 0.22% dan 0.13% sedangkan kontrak berjangka indeks saham Amerika juga tidak berubah banyak dan cenderung stabil menjelang pembukaan sesi perdagangan New York nanti malam.

JCI yang ditutup di 4262 diperkirakan masih berpotensi menguat pada sesi perdagangan Senin depan dengan resistance selanjutnya di 4273 dan 4335. Support sementara ini berada di sekitar 4190-4200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar