DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 27 September 2012

Market Wrap - 27/09/2012

Market Review


Spekulasi para pelaku pasar akan dikeluarkannya stimulus ekonomi lanjutan oleh China menjadi katalis positif bagi pasar pada sesi perdagangan hari Kamis.

Meskipun sebelumnya diperkirakan melemah, Jakarta Composite Index justru berakhir positif dengan mencatatkan kenaikan sebesar 1.28%, diikuti oleh indeks LQ-45 yang menguat 1.15% dan IDX 30 yang naik 1.16%. Di tingkat regional, indeks Nikkei, KOSPI dan Hang Seng serentak berakhir menguat masing-masing 0.48%, 0.42% dan 1.14%.

Seluruh sepuluh sektor berakhir positif dengan dipimpin oleh sektor barang konsumsi (+1.36%), diikuti oleh sektor industri dasar (+1.29%). Sebaliknya, sektor perdagangan dan properti mencatatkan kenaikan terkecil yaitu masing-masing sebesar 0.63% dan 0.68%.

Sebanyak 184 saham berakhir positif sedangkan 65 saham ditutup melemah. Sementara itu, 104 saham berakhir stagnan pada angka penutupan hari Rabu lalu. Posisi asing kembali berada di area positif dengan net buy senilai Rp.194.72 miliar.

Dua rekomendasi tambahan untuk hari ini adalah INDS (-1.22%) dan MDLN (+0.0%) yang menggantikan rekomendasi TRIM dan BBKP. Kinerja terbaik diantara kesepuluh saham terekomendasi dibukukan oleh ESSA yang naik 3.09%, diikuti oleh MNCN (+2.04%) dan ARNA (+2.02%). ARNA mencapai target selanjutnya di 1020, sehingga menyisakan satu target lagi yaitu di 1150.

JCI berhasil melewati resistancenya di area 4220-4225 dan sempat mencatatkan level tertinggi di 4235.86 meskipun sempat mencapai titik terendah di 4179.36. Kenaikan indeks hari ini kembali membuka peluang bagi indeks untuk melanjutkan kenaikannya menuju level resistance berikutnya di 4253 dan 4273.

Sentimen pasar hari Jumat akan ditentukan oleh perkembangan situasi di Spanyol dimana pemerintah Spanyol berencana mengumumkan anggaran pemerintahnya dengan program-program austerity yang akan ditempuh. Sehubungan dengan permintaan bailout diperkirakan masih akan cenderung belum diputuskan oleh PM Mariano Rajoy. Faktor politik diduga menjadi penyebab tertundanya keputusan ini. Aksi unjuk rasa juga terus berlangsung di Spanyol dan Yunani guna menolak program austerity yang dianggap memberatkan baik rakyat Spanyol dan rakyat Yunani.

Data output industri dari China sebaliknya merupakan katalis positif pada sesi nanti malam karena hal ini diharapkan bakal mendorong pemerintah China untuk kembali memberikan stimulus guna memacu pertumbuhan ekonomi China dan juga mencegah terjadinya skenario hard-landing di China.

Menjelang sesi perdagangan di Amerika, indeks S&P memberikan indikasi awal positif seiring dengan positifnya pasar Eropa yang hingga saat ini masing-masing naik 0.37% dan 0.47% untuk indeks FTSE dan DAX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar