DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 06 September 2012

Morning Brief - 7 September 2012

Market Preview


Pernyataan dari Presiden ECB Mario Draghi ditambah dengan data ekonomi yang menunjukkan kondisi yang membaik menjadi dua faktor penggerak saham-saham di Eropa dan Amerika pada malam hari ini.

Indeks Dow Jones meroket hingga 244.52 poin atau 1.87%, sementara indeks S&P 500 dan NASDAQ juga melesat masing-masing sebesar 2.04% dan 2.17%. Di Eropa, indeks FTSE dan DAX 30 juga menguat signifikan masing-masing sebesar 2.11% dan 2.91%.

Data jobless claims untuk pekan kemarin dirilis lebih baik dari ekspektasi. Jumlah claims menurun 12,000 menjadi 365,000 sementara rata-rata ekspektasi para analis berada di angka 370 ribu.

Isu lain yang dianggap positif adalah pernyataan dari presiden ECB Mario Draghi yang menyebutkan bahwa para anggota dewan ECB telah menyetujui proposalnya mengenai pembelian obligasi di pasar obligasi. Tujuannya adalah untuk menekan kenaikan yield obligasi negara-negara seperti Italia dan Spanyol.

Program ECB yang dinamakan Outright Monetary Transactions ini akan ditujukan untuk obligasi pemerintah dengan waktu jatuh tempo satu hingga tiga tahun, termasuk obligasi dengan jangka waktu lebih lama namun tersisa satu hingga tiga tahun sebelum jatuh tempo. Pembelian yang dilakukan ECB rencananya akan disterilisasi sepenuhnya, untuk menjaga supaya tingkat persediaan uang tetap netral.

Menanggapi hasil pertemuan ECB, PM Spanyol Mariano Rajoy mengatakan akan mempelajari dahulu program ECB ini sebelum mengambil keputusan. Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa ECB bertindak dalam cakupan mandatnya yaitu memastikan stabilitas moneter. Namun menurut Merkel, langkah stabilisasi mata uang yang dilakukan oleh ECB tidak akan dapat menggantikan tindakan politik dari negara-negara zona euro yang bermasalah.

Hasil lain dari pertemuan ECB adalah disampaikannya prediksi ekonomi zona euro dimana kontraksi untuk 2012 direvisi menjadi 0.4% dibandingkan dengan kontraksi sebesar 0.1% yang diestimasikan oleh ECB tiga bulan yang lalu. Untuk tahun depan, ekonomi diperkirakan akan tumbuh 0.5% dibandingkan 1% yang sebelumnya merupakan ekspektasi bank sentral Eropa ini. Sehubungan dengan inflasi, ekspektasi ECB terhadap inflasi dinaikkan dari 1.6% menjadi 1.9%.

ISM kembali merilis indeksnya untuk sektor non-manufaktur atau sektor jasa. Indeks melonjak dari 52.6 menjadi 53.7 di bulan Juli sementara proyeksi dari para analis berada antara 52.5.

Malam ini  data nonfarm payrolls akan dirilis dan diperkirakan perekonomian Amerika menambahkan sebanyak 125 ribu lapangan kerja baru dengan tingkat pengangguran stabil di 8.3%. Walaupun data ADP employment yang menunjukkan pertambahan sebesar 201 ribu lapangan kerja di sektor swasta di bulan Agustus lalu, data payrolls yang merupakan gabungan antara sektor swasta dan pemerintah diperkirakan tidak akan mengalami peningkatan tajam.

Hari Jumat ini indeks diperkirakan akan bergerak di zona positif setelah adanya respon yang positif dari bursa Eropa dan Amerika terhadap keputusan ECB semalam. Support bagi indeks berada di 4065.70 (terendah hari Kamis) sedangkan resistance berada di 4128.16. Jika JCI berhasil melewati resistance ini indeks diperkirakan bakal mengincar target berikutnya di 4158.41, 4215.72 dan 4308.43.


Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar