DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 27 September 2012

Morning Brief - 28 September 2012

Market Preview


PM Spanyol Mariano Rajoy pada hari Kamis mengumumkan paket austerity kelimanya sebagai langkah untuk menekan jumlah anggaran pemerintah. Tahun 2013 ditargetkan output di daerah diprediksi tumbuh 4.5% dibandingkan dengan target yang dicanangkan tahun ini, yaitu sekitar 6.3%.

Beberapa poin dari anggaran yang diajukan adalah pendapatan pemerintah yang naik 2.7% menjadi 175.2 miliar euro tahun mendatang, sementara pengeluaran naik 5.6%. Pemotongan pengeluaran secara keseluruhan mencapai 8 triliun euro. Di pasar obligasi, yield dari surat utang Spanyol berjangka waktu 10 tahun mencapai kenaikan 7.75% pada bulan Juli lalu namun saat ini mencapai 5.95% setelah mengalami penurunan sebesar 11 basis poin.

Pasar menyambut positif mengenai diumumkannya program austerity Spanyol. Ketiga indeks acuan utama Amerika seluruhnya berakhir positif dengan indeks Dow menguat 0.54%, S&P naik 0.96% dan indeks NASDAQ menanjak 1.39%. Di Eropa, indeks FTSE dan DAX berakhir di zona hijau dengan FTSE naik 0.2% dan DAX naik 0.19%.            

Hari Jumat ini rencananya Moody’s akan menerbitkan laporan tinjauannya atas kinerja Spanyol. Meskipun terancam terkena downgrade saat ini, namun diperkirakan dampak dari adanya downgrade tidak terlalu signifikan mengingat hal ini telah diantisipasi pasar sebelumnya.

Spekulasi pasar terhadap prospek dikeluarkannya kembali stimulus China juga menjadi faktor positif bagi pasar. Data-data China baru-baru ini cenderung menunjukkan bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi masih berlanjut dan hal ini semakin mendesak pemerintah China untuk mengeluarkan stimulus tambahan.

Membaiknya sentimen pasar pada hari Kamis diprediksi akan mendorong bursa regional pada hari Jumat ke zona positif, terutama setelah faktor anggaran Spanyol telah terlewati. Potensi sandungan bagi pasar adalah diumumkannya penilaian Moody’s terhadap peringkat utangnya.

Jumat ini Jakarta Composite Index (JCI) diperkirakan akan melanjutkan penguatannya menuju resistance berikutnya di 4235.86 dan setelah itu 4253 dan 4273. Support sebaliknya berada di 4179.36, 4150 dan 4125.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar