DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Rabu, 12 Desember 2012

After-hours - 12 Desember 2012

Market Review


Jakarta Composite Index (JCI) mengakhiri sesi perdagangan hari Rabu dengan kenaikan sebesar 0.45% atau 19.61 poin dan ditutup di 4,337.53. Indeks LQ-45 dan IDX30 juga berhasil mencatatkan kenaikan masing-masing sebesar 0.83% dan 0.89%. Di tingkat regional, indeks Nikkei, Hang Seng dan KOSPI juga berakhir menguat yaitu masing-masing sebesar 0.59%, 0.8%, dan 0.55%.

Sektor aneka industri mencatatkan kenaikan terbesar yaitu 3.43% diikuti oleh sektor pertanian (+2.83%) dan pertambangan (+2.4%). Sementara itu, sektor barang konsumsi mencatatkan penurunan tajam sebesar 3.31% diikuti oleh sektor properti (-0.73%) dan sektor manufaktur (-0.51%).

Sebanyak 127 saham berakhir menguat dan 130 saham ditutup melemah sementara 112 saham lainnya ditutup stagnan. Posisi asing pada hari Rabu ini berakhir dengan net buy senilai Rp116.68 miliar.

Di antara sembilan saham terekomendasi, MDLN (+1.96%), ISAT (+1.64%), BBNI (+0.7%) dan CPIN (+0.79%) mencatatkan kenaikan sedangkan ASGR (-1.42%), INDS (-1.84%), dan PGAS (-0.54%) ditutup melemah. ESSA dan SSIA mengakhiri sesi perdagangan hari Rabu stagnan di harga penutupan hari Selasa.

Fokus perhatian pasar saat ini masih tertuju pada dua isu utama yang cenderung negatif: jurang fiskal di Amerika dan pengunduran diri Mario Monti dari posisi PM Italia.

Isu lain yang juga mendapat perhatian pasar adalah pertemuan FOMC dimana pasar menantikan update proyeksi ekonomi Amerika dari Federal Reserve, terutama atas kondisi pertumbuhan ekonomi, inflasi dan kondisi pasar tenaga kerja Amerika.

Hingga hari Rabu ini masih belum ada titik temu dalam penetapan anggaran belanja Amerika antara presiden Obama dengan John Boehner dari Kongres yang didominasi oleh partai Republik. Namun, isu ini diperkirakan akan terselesaikan meskipun pada saat-saat menjelang akhir tahun ini.

Di Italia, potensi kembalinya Silvio Berlusconi akan menjadi katalis negatif bagi pasar setelah PM Mario Monti mengundurkan diri akibat tidak adanya dukungan politik dari partai Berlusconi. Krisis kepemimpinan di Italia ini dikhawatirkan dapat membahayakan proses reformasi ekonomi yang tengah dilaksanakan di Italia dan hal ini akan menjadi batu sandungan utama bagi pasar pada awal tahun 2013.

Kinerja bursa Eropa dan Amerika akan menjadi kunci bagi pergerakan bursa Asia pada hari Kamis besok. Sementara, indeks saham di Eropa bergerak dalam kisaran positif dengan indeks FTSE dan DAX masing-masing menguat 0.23%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar