DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 17 Desember 2012

Morning Dew - 18 December 2012

Market Preview


Indeks saham di Eropa berakhir flat dengan indeks FTSE ditutup melemah 0.16% dan indeks DAX 30 ditutup menguat 0.11%. Sementara itu, di akhir sesi perdagangan New York indeks DJIA, S&P dan NASDAQ serentak ditutup menguat masing-masing 0.76%, 1.19% dan 1.32%. Optimisme dan pesimisme seputar perundingan anggaran belanja Amerika tetap bergantian menjadi katalis utama pada sesi perdagangan global.

Perundingan anggaran Amerika hingga saat ini masih belum mencapai kesepakatan antara pihak presiden Barack Obama dan Kongres. Dikhawatirkan apabila pekan ini masih belum dicapai kesepakatan, maka waktu yang diperlukan untuk mengajukan undang-undang ini melewati Kongres tidak akan memadai. Akibatnya, tarif pajak untuk semua tingkat pendapatan akan mengalami kenaikan bersamaan dengan kenaikan berbagai macam pajak, termasuk pajak atas capital gains yang berpotensi mengurangi daya tarik perdagangan saham.

Perkembangan terakhir seputar perundingan anggaran adalah ditolaknya tawaran dari John Boehner oleh Obama mengenai kenaikan tarif pajak bagi rumahtangga dengan pendapatan di atas $1 juta per tahun. Di sisi Obama diinginkan batas pendapatan ini berada di $250,000 per tahunnya. Diperkirakan keduanya akan dapat berkompromi pada angka $500,000. Boehner juga mengajukan $1 triliun tambahan yang didapat dari pendapatan pajak baru, jumlah yang mendekati angka yang diinginkan partai Demokrat yaitu $1.4 triliun, namun hal ini dianggap sebagai kemajuan pesat mengingat selisih sebelumnya jauh lebih besar. Apabila dari sisi Kongres tidak ada keberatan dari pihak partai Republik, pada Rabu esok kesepakatan dapat tercapai dan pekan mendatang Kongres dapat melakukan voting atas hal ini.

Meskipun demikian, di sisi Obama pun masih ada potensi penolakan dari kalangan partai Demokrat, terutama apabila Obama menyetujui proposal dari Boehner mengenai perubahan peningkatan penentuan biaya hidup untuk tunjangan sosial yang diukur berdasarkan inflasi, dimana hal ini nantinya diperkirakan akan menghasilkan penghematan sebesar $200 miliar dalam waktu 10 tahun. Masalah batas atas utang Amerika juga merupakan poin yang harus diperjuangkan oleh Obama dimana Boehner menginginkan tiap dolar kenaikan ambang batas atas utang Amerika disertai dengan satu dolar yang dipangkas dari pengeluaran pemerintah. Keinginan partai Republik untuk melakukan pemotongan pada berbagai program pemerintah juga akan sulit dipenuhi terutama apabila program tersebut adalah program asuransi kesehatan Medicare untuk kalangan berusia lanjut yang populer di kalangan para Demokrat.

Data ekonomi yang dirilis di sesi perdagangan Amerika pada Senin malam menunjukkan terjadinya penurunan pada aktivitas manufaktur di daerah New York. Data yang dirilis untuk periode bulan Desember ini menunjukkan penurunan dari minus 5.2 di bulan November menjadi minus 8.1, lebih buruk dari prediksi para analis yang sebelumnya memperkirakan indeks ini membaik menjadi minus 1. Angka indeks di bawah 0 menunjukkan terjadinya kontraksi, sementara di atas nol mengindikasikan terjadinya ekspansi. Daerah yang dicakup oleh survey ini meliputi New York, New Jersey bagian utara dan Connecticut bagian selatan.

Data lain yang dirilis pada hari Senin adalah neraca perdagangan zona euro untuk bulan Oktober yang dilaporkan mengalami kenaikan dari surplus 9.5 miliar euro menjadi 10.2 miliar euro. Meskipun membaik, namun angka ini masih berada di bawah ekspektasi pasar yang berada di 11 miliar euro.

Menjelang sesi perdagangan hari Selasa, data-data ekonomi yang akan dirilis didominasi oleh data ekonomi dari Inggris yang antara lain meliputi indeks harga produsen dan konsumen untuk periode bulan November dan juga data indeks penjualan ritel untuk periode bulan November. Baik CPI maupun PPI untuk periode November diperkirakan akan mengalami kenaikan tipis sementara untuk indeks penjualan ritel juga diperkirakan akan cenderung stabil yaitu tetap mengalami kenaikan sebesar 3.2% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Positifnya kinerja indeks saham Amerika diperkirakan bakal menjadi katalis positif bagi perdagangan Jakarta Composite Index (JCI) pada hari Selasa ini. Namun, kecuali ada kesepakatan akhir antara Obama dan Kongres, rentang konsolidasi antara 4,250 hingga 4,350 diperkirakan akan tetap bertahan. Dalam jangka pendek indeks diprediksi bergerak antara 4,300-4,350.


Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar