DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 06 Desember 2012

After-hours - 6 Desember 2012

Market Review

Jakarta Composite Index (JCI) mengakhiri sesi perdagangan hari Kamis dengan mencatatkan kenaikan sebesar 5.76 poin atau 0.13%, sementara dua indeks acuan utama lainnya yaitu LQ-45 dan IDX30 berakhir mixed dengan masing-masing naik 0.05% dan turun 0.05%. Bursa regional juga cenderung berakhir positif dengan indeks Nikkei dan KOSPI berakhir menguat masing-masing 0.81% dan 0.13%, sedangkan indeks Hang Seng terkoreksi 0.09% setelah sehari sebelumnya menguat tajam.


Sebanyak 135 saham ditutup menguat, 130 saham ditutup melemah dan sisanya sebanyak 104 saham berakhir stagnan. Posisi transaksi asing berakhir dengan net sell senilai Rp171.52 miliar.

Empat sektor ditutup melemah: sektor keuangan (-0.33%), sektor pertanian (-0.32%), sektor aneka industri (-0.13%) dan sektor infrastruktur (-0.04%). Sektor properti mencatatkan kenaikan terbaik yaitu sebesar 1.12%, diikuti sektor barang konsumsi (+0.84%), sektor manufaktur (+0.39%) dan sektor pertambangan (+0.37%).

Dampak positif dari pernyataan pimpinan Partai Komunis China pada hari Rabu kemarin dan juga data ISM untuk sektor jasa periode November yang dilaporkan melebihi ekspektasi masih belum mampu mengangkat sentimen pasar secara signifikan karena masih dibayang-bayangi oleh risiko terjerumusnya perekonomian Amerika ke dalam jurang fiskal.

Negosiasi antara Kongres Amerika yang didominasi oleh partai Republik dengan presiden Barack Obama masih belum mencapai titik temu sementara waktu yang tersisa untuk mencapai kesepakatan anggaran hanya kurang dari sebulan.

Malam ini di sesi perdagangan New York akan dirilis data jobless claims untuk pekan yang berakhir 1 Desember. Jumlah klaim yang diajukan diperkirakan sejumlah 380 ribu, turun dari 393 ribu yang tercatat pada pekan sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa badai Sandy yang menghantam Amerika bulan lalu dapat berpengaruh pada data ini sebagaimana data-data ekonomi lainnya untuk periode bulan November.

Selain data ekonomi Amerika, pertemuan dua bank sentral utama dunia yaitu Bank of England dan European Central Bank juga akan dilangsungkan pada hari Kamis ini. Diperkirakan kedua bank sentral ini tidak akan melakukan perubahan kebijakan moneter mereka masing-masing. Saat ini suku bunga di Inggris berada di 0.5% dan suku bunga di zona euro berada di 0.75%. 

Pergerakan JCI untuk hari Jumat besok diprediksi masih akan berada di kisaran 4,250 hingga 4,300, namun masih terbuka peluang untuk kembali ke rentang sebelumnya antara 4,300 hingga 4,350 apabila muncul perkembangan baru sehubungan dengan negosiasi anggaran belanja Amerika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar