DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 28 Desember 2012

After-hours - 28 Desember 2012

Market Review

Menutup sesi perdagangan hari Jumat yang juga merupakan sesi perdagangan terakhir tahun ini, Jakarta Composite Index ditutup menguat 0.81% di 4,316.69. IDX30 dan LQ-45 juga ditutup menguat masing-masing 0.71% dan 0.69%. Di tingkat regional, indeks Nikkei, Hang Seng dan KOSPI berakhir positif dengan masing-masing mencatatkan kenaikan 0.7%, 0.21% dan 0.49%.


Sektor barang konsumsi menjadi sektor terlemah dengan penurunan sebesar 0.32%, sementara sektor properti dan pertanian masing-masing mencatatkan kenaikan sebesar 1.59% dan 1.58%.

Posisi transaksi asing juga ditutup positif dengan net buy senilai Rp438.55 miliar. Kenaikan hari ini didukung oleh 185 saham sementara 93 saham berakhir melemah dan 96 lainnya ditutup stagnan.

CPIN menjadi saham terbaik diantara delapan saham terekomendasi dengan kenaikan sebesar 4.29%, diikuti oleh PGAS (+2.79%). ISAT, INDS dan ESSA berakhir stagnan sementara BBNI, ASGR dan MDLN ditutup melemah 1.33%, 1.46% dan 4.69%.

Pergerakan pada sesi terakhir tahun ini di Asia cenderung positif setelah semalam dikabarkan Kongres Amerika akan kembali melakukan perundingan pada tanggal 30 Desember untuk mencari resolusi anggaran guna menghindarkan perekonomian Amerika dari jurang fiskal yang berpotensi menyeret Amerika ke dalam resesi pada paruh pertama 2013.

Meskipun demikian perlu diingat bahwa perundingan tersebut masih berpotensi untuk gagal dan hal inilah yang setidaknya menahan laju kenaikan indeks. Sesi perdagangan di Eropa dan Amerika diperkirakan mixed pada sesi hari ini karena investor masih berhati-hati dalam menyikapi isu anggaran ini. Hingga pertengahan hari di Eropa, indeks FTSE naik tipis 0.03% sedangkan indeks DAX untuk sementara melemah 0.36%.

Apabila perundingan anggaran ini gagal menghasilkan kesepakatan pada tahun ini, maka akan terjadi pemotongan pengeluaran pemerintah secara otomatis disertai kenaikan pajak yang dikhawatirkan akan menghantam prospek perekonomian Amerika. Jika ini terjadi maka JCI diprediksi akan terpuruk pada awal tahun, namun sebaliknya JCI berpeluang untuk melesat menembus level 4400 apabila tercapai kesepakatan dalam penetapan anggaran Amerika.

Semuanya akan bergantung pada hasil perundingan pada tanggal 30 mendatang di Washington.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar