DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 27 Desember 2012

Morning Dew - 28 December 2012

Market Preview


Menjelang ditutupnya tahun 2012 yang juga merupakan batas waktu terakhir bagi partai Demokrat dan Republik untuk mencapai kesepakatan untuk menghindarkan perekonomian Amerika dari jurang fiskal, kedua kubu masih belum mampu menghasilkan perkembangan positif.

Kamis malam, pimpinan partai Demokrat di Senat Harry Reid mengatakan bahwa enggannya kubu partai Republik untuk bekerja sama dalam penyelesaian isu anggaran ini berpotensi menggagalkan upaya resolusi sebelum pergantian tahun. Apabila hal ini terjadi, pada pergantian tahun nanti akan terjadi pemotongan pengeluaran pemerintah secara otomatis disertai oleh kenaikan pajak yang akan mencapai rata-rata $3,446 untuk para wajib pajak di Amerika. Selain itu, pengeluaran untuk pertahanan akan dipangkas dan hal ini berpotensi pada terjadinya resesi di Amerika pada paruh pertama 2013.

Di sisi Demokrat yang menguasai Senat diinginkan adanya perpanjangan terhadap pengurangan pajak pendapatan untuk pasangan wajib pajak dengan pendapatan hingga $250 ribu sementara di sisi partai Republik yang mengendalikan Kongres mengatakan bahwa giliran Senat yang mengambil tindakan. Namun, menurut Reid, partai Demokrat tidak akan mampu menyusun rencana sendiri tanpa adanya partisipasi positif dari pimpinan senat dari partai Republik Mitch McConnell dan pimpinan partai Republik di Kongres John Boehner. Sejauh ini menurut Reid, kedua tokoh partai Republik ini masih berdiam diri.

Selain itu, kondisi utang luar negeri Amerika juga akan mencapai limit $16.4 triliun pada akhir tahun. Menurut Menteri Keuangan Timothy Geithner pada hari Rabu kemarin Departemen Keuangan akan mengambil langkah-langkah untuk membiayai defisit senilai $200 miliar di tahun 2013. Langkah-langkah ini diperkirakan hanya mampu mencukupi pembiayaan utang tersebut hingga dua bulan sementara Geithner sendiri tidak merinci batas waktu yang ada karena ketidakpastian yang muncul dari tarif pajak dan jumlah pengeluaran pemerintah yang masih menjadi perdebatan saat ini.

Memasuki saat-saat terakhir menjelang penutupan sesi perdagangan hari Kamis, indeks S&P, Dow dan NASDAQ yang sebelumnya terpuruk berangsur membaik setelah Boehner dilaporkan mengatakan bahwa pihak DPR Amerika akan melakukan pertemuan pada tanggal 30 Desember mendatang. Tidak dirinci apa yang akan menjadi agenda pertemuan tersebut, namun pasar berbalik dari pesimis menjadi optimis bahwa kesepakatan anggaran masih dapat tercapai tahun ini.

Indeks Dow Jones ditutup melemah 0.14%, sedangkan indeks S&P 500 dan NASDAQ ditutup melemah 0.12% dan 0.14%. Meskipun ketiganya ditutup di zona negatif, namun masih lebih baik daripada posisi masing-masing indeks pada pada awal-awal sesi perdagangan. Sebelumnya, di Eropa indeks FTSE dan DAX cenderung berakhir flat dengan FTSE stagnan dan DAX naik 0.26%.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Kamis meliputi indeks kepercayaan konsumen yang dilaporkan turun dari 71.5 menjadi 65.1 di bulan Desember, lebih buruk dari ekspektasi para analis yang terdapat di 70; data jobless claims yang dilaporkan mengalami penurunan dari 362 ribu menjadi 350 ribu, lebih baik dari ekspektasi analis yang berada di 360 ribu; dan angka penjualan rumah baru yang dilaporkan naik 4.4% di bulan November dibandingkan dengan bulan Oktober, melebihi ekspektasi kenaikan 3.3% yang diprediksikan oleh para analis dan juga lebih baik dari angka bulan sebelumnya yang menunjukkan penurunan sebesar 3.5%.

Sesi perdagangan domestik yang terakhir tahun ini diperkirakan akan cenderung positif setelah adanya kabar bahwa akan ada pertemuan pada tanggal 30 Desember mendatang yang diprediksi akan membahas mengenai anggaran belanja Amerika untuk 2013. Optimisme bahwa kesepakatan masih dapat tercapai sebelum pergantian tahun diperkirakan akan membawa Jakarta Composite Index (JCI) kembali melewati resistancenya di 4,300. Namun, masih adanya faktor ketidakpastian mengenai berhasil tidaknya dicapainya kesepakatan antara kubu Republik dan Demokrat akan membatasi kenaikan pada JCI hari Jumat ini. Sebaliknya, di sisi support, JCI akan kembali ditopang oleh dua support utamanya di 4,222 dan 4,205.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar