DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Selasa, 11 Desember 2012

Morning Dew - 12 December 2012

Market Preview


Bursa saham di Eropa mengakhiri sesi perdagangan hari Selasa dengan mencatatkan kenaikan pada indeks DAX Jerman dan indeks FTSE Inggris yaitu masing-masing sebesar 0.78% dan 0.06% hingga kedua indeks utama Eropa ini ditutup di 7589.75 dan 5924.97.

Kenaikan indeks DAX ini dipicu oleh melonjaknya indeks ZEW yang merupakan indikator kepercayaan investor di Jerman. Indeks ZEW dilaporkan naik dari -15.7 di bulan November menjadi 6.9 di bulan Desember. Angka ini jauh melampaui ekspektasi para analis yang sebelumnya memperkirakan indeks ZEW hanya membaik menjadi -11.5. Sementara indeks ZEW yang mengukur situasi ekonomi terkini dilaporkan naik dari 5.4 menjadi 5.7 di bulan Desember. Presiden ZEW Wolfgang Franz dalam pernyataannya mengatakan bahwa perekonomian Jerman mungkin akan melambat pada tahun 2013, namun selama krisis di Eropa tidak memburuk, Jerman tidak akan sampai mengalami resesi.

Di Asia, data dari bank sentral China menunjukkan bahwa jumlah pinjaman baru yang disalurkan oleh sektor perbankan China mengalami penurunan dari 562.2 miliar yuan di bulan November tahun lalu menjadi 522.9 miliar yuan pada bulan November tahun ini. Angka ini berada di bawah konsensus para analis yang berada di 550 miliar yuan. M2 yang merupaka indikator supply uang dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 13.9% dari tahun lalu, lebih lambat dibandingkan ekspektasi para analis yang memperkirakan kenaikan sebesar 14.1%.

Di New York, indeks Dow Jones berhasil ditutup menguat 78.56 poin atau 0.6% di 13248.4. Indeks S&P 500 dan NASDAQ juga ditutup dengan kenaikan yaitu masing-masing sebesar 0.65% dan 1.18%. Kenaikan pada saham-saham di Amerika ini dipicu oleh data Jerman selain oleh adanya ekspektasi positif akan kemungkinan dicapainya kesepakatan antara presiden Barack Obama dengan pimpinan partai Republik yaitu John Boehner. Data ekonomi yang dirilis di Amerika justru mengecewakan.

Defisit neraca perdagangan Amerika dilaporkan membengkak di bulan Oktober menjadi $42.2 miliar dari $40.3 miliar yang dibukukan di bulan September. Meskipun demikian, angka ini masih lebih baik dibandingkan ekspektasi para analis yang sebelumnya memperkirakan defisit membengkak menjadi $42.7 miliar. Penurunan ekspor sebesar 3.6% masih belum mampu mengimbangi penurunan impor sebesar 2.1%. Sebagai catatan, perdagangan merupakan salah satu kontributor pertumbuhan ekonomi Amerika yaitu sebesar 0.14%.

Pihak Federal Reserve juga akan melangsungkan pertemuan rutinnya selama dua hari pekan ini. Fed diperkirakan akan menambah jumlah pembelian asetnya menjadi $45 miliar, dibandingkan $40 miliar yang dilakukan saat ini. Sementara itu, tingkat suku bunga di Amerika diperkirakan akan tetap dipertahankan sedangkan Fed juga akan mengeluarkan proyeksi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja dan juga inflasi dan suku bunga.

Positifnya kinerja bursa saham Eropa dan Amerika diperkirakan akan membawa dampak positif bagi kinerja bursa regional. Jakarta Composite Index (JCI) diperkirakan aman menguat kembali hingga menguji batas atas rentang konsolidasinya di sekitar 4,350. Namun perlu diwaspadai pula kemungkinan terjadinya penurunan terutama karena pada dasarnya ganjalan utama pasar untuk melonjak adalah isu jurang fiskal yang menghantui outlook ekonomi Amerika. Support utama bagi indeks tetap di 4,242, dan juga support minor di area 4,270-4,280.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar