DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 28 Mei 2012

Half-Time Update - 29 Mei 2012

Market Review


Masih maraknya kekhawatiran pasar akan perkembangan krisis Eropa menjadi pemicu terpuruknya kembali IHSG hingga sempat mencapai level terendah di 3,893 pada sesi pertama perdagangan hari Selasa sebelum akhirnya indeks ditutup di 3,905.34, turun 13.34 poin atau 0.34%. Seiring dengan melemahnya IHSG, indeks LQ-45 dan indeks IDX30 juga ikut berakhir di zona merah yaitu masing-masing turun 0.32% dan 0.3%.

Kecuali sektor pertanian dan infrastruktur yang menguat masing-masing 0.35% dan 0.54%, delapan sektor lainnya mencatat penurunan dengan penurunan terbesar terjadi pada sektor industri dasar dan aneka industri yang sama-sama melemah 0.92%. Sektor pertambangan juga melemah hingga 0.82%.

Di tingkat regional, bursa saham Jepang dan Hong Kong sementara ini masih bergerak di area positif. Melemahnya IHSG masih berkaitan dengan perkembangan situasi di Spanyol dimana Bankia dilaporkan membutuhkan bantuan dana dari pemerintah hingga sebesar 19 miliar euro. Namun, pemerintah Spanyol menegaskan bahwa mereka akan menyelesaikan masalah ini tanpa melibatkan pihak luar.  Sebelumnya, 16 perbankan di Spanyol dipangkas peringkatnya oleh Moody’s Investors Service dengan alasan bahwa resesi dan meningkatnya pinjaman bermasalah (NPL) ke perusahaan-perusahaan real estate berada di balik pemangkasan peringkat ini.

Sebaliknya, tekanan jual akibat krisis di Yunani untuk sementara mereda hingga pemilu berikutnya dilangsungkan pada pertengahan Juni mendatang. Posisi partai pendukung program austerity yang memimpin saat ini berdasarkan polling masih cenderung dinamis dan dapat berubah setiap saat.

Memasuki sesi kedua IHSG diperkirakan masih akan berfluktuasi dalam rentang harga 3838 hingga 3939. Investor akan memonitor pembukaan bursa Eropa nanti dimana kinerja positif dari bursa Eropa akan mampu menarik indeks kembali dari zona merah hingga berakhir positif. Sebaliknya, apabila kinerja bursa Eropa cenderung negatif, indeks diprediksi akan kembali tertekan oleh aksi jual.

Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar