DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Senin, 28 Mei 2012

Morning Brief - 29 Mei 2012

Market Outlook


Optimisme pasar yang sempat muncul setelah hasil polling di Yunani sementara menunjukkan keunggulan dari partai yang pro-bailout tidak mampu bertahan lama. Masalah lain yang timbul dari perbankan Spanyol memupuskan optimisme ini sehingga indeks FTSE 100 Inggris hanya mampu membukukan kenaikan tipis sebesar 0.09% sedangkan indeks DAX 30 Jerman malah melemah 0.26%.

Sebelumnya di bursa regional Asia, IHSG berhasil melesat ke area positif sesaat sebelum penutupan diikuti oleh indeks LQ-45 dan indeks IDX30. Indeks Asia lainnya, yaitu Nikkei, Hang Seng dan KOSPI juga membukukan kenaikan pada sesi pertama pekan ini.

Bursa Amerika tutup karena adanya peringatan Memorial Day, sehingga indikasi pergerakan hari Selasa diberikan oleh kinerja bursa Eropa. Pergerakan yang cenderung mixed ini terjadi setelah kekhawatiran pasar meningkat akibat adanya rencana bailout Bankia, perbankan di Spanyol terbesar keempat yang diumumkan pada akhir pekan lalu. Fokus pasar yang tadinya didominasi oleh Yunani beralih menuju Spanyol.

Sektor perbankan merupakan sektor paling rentan di perekonomian Spanyol, dan keputusan lembaga pemeringkat Standard & Poor’s untuk memangkas peringkat 11 perbankan di Spanyol pada 30 April lalu berbuntut pada dipangkasnya peringkat Bankia, Banco Popular Espanol dan Bankinter menjadi ‘junk’ pada 25 Mei kemarin. Bankia akhir pekan lalu mengatakan akan mengajukan permintaan bantuan keuangan pada pemerintah Spanyol senilai 19 miliar euro atau US$24 miliar. Kabar ini mendorong naiknya biaya pinjaman atau yield obligasi Spanyol hingga mencapai level tertinggi sejak November tahun lalu hingga menyentuh 6.51%.

Sehubungan dengan pemilu di Yunani, hasil polling sementara menunjukkan bahwa partai pro-austerity masih memimpin perolehan suara, namun mengingat waktu pelaksanaan pemilu masih lama, yaitu pertengahan Juni mendatang, maka akan terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa partai-partai pro-austerity akan memenangi pemilu kedua tersebut.

Perdagangan hari Selasa diperkirakan akan cenderung mixed, terutama dengan bercampurnya katalis positif dan negatif dan juga karena tutupnya bursa Amerika pada hari Senin sehingga pasar akan cenderung netral dari pada sesi perdagangan Selasa ini.

Kisaran pergerakan IHSG pada hari Selasa ini kembali diprediksi berada di antara 3,838 dan 3,939.

Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar