DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Minggu, 27 Mei 2012

Morning Brief - 28 Mei 2012

Market Outlook


Bursa saham Amerika dan Eropa berakhir mixed pada hari Jumat dengan saham-saham Amerika melemah sementara sebaliknya saham-saham Eropa menguat walaupun hanya penguatan tipis.

Katalis negatif tetap datang dari Eropa, dimana masih diragukannya kelangsungan keberadaan Yunani di euro. Pertemuan para pemimpin Eropa juga tidak menghasilkan sesuatu yang baru sehingga masalah ini tetap akan mencapai resolusinya. Perdana Menteri Italia Mario Monti sempat mengatakan akan membujuk Jerman untuk mau mendukung diterbitkannya euro bond untuk mengatasi krisis keuangan di Eropa.

Keputusan Bankia, perbankan terbesar keempat di Spanyol untuk menjual kepemilikan sahamnya untuk memenuhi ketentuan Eropa juga diperkirakan akan membebani sentimen pasar pada hari Senin mendatang. Hal ini disampaikan setelah perbankan ini mendapatkan bantuan bailout dari pemerintah Spanyol sebesar 23.5 miliar euro. Pada hari Jumat lalu BFA, induk usaha Bankia mengajukan tambahan dana kepada pemerintah Spanyol sebesar 19 miliar euro, jumlah yang terbesar yang pernah dilakukan oleh bank sentral Spanyol. Upaya ini akan berujung pada kepemilikan hampir 90% dari Bankia oleh pemerintah. Sebagai catatan, Bankia memiliki porsi 10% dari total deposito Spanyol secara keseluruhan.

Faktor positif muncul dari Amerika, dengan data ekonomi berhasil melebihi ekspektasi para analis. Survey Universitas Michigan menunjukkan bahwa indeks kepercayaan terhadap kondisi saat ini naik menjadi 87.2, tertinggi sejak Januari 2008, dan melebihi angka bulan sebelumnya yaitu 82.9. Indeks ekspektasi konsumen untuk 6 bulan ke depan naik menjadi 74.3, tertinggi sejak Juli 2007, dan menanjak dari angka bulan sebelumnya yaitu 72.3.

Pekan mendatang, faktor negatif dari Eropa diprediksi akan terus  mendominasi sentimen para investor, namun dengan pemilu Yunani baru dilangsungkan 17 Juni mendatang, investor cenderung akan lebih fokus pada perkembangan di Spanyol. Data nonfarm payrolls Amerika hari Jumat mendatang juga akan menjadi pusat perhatian investor. Senin bursa Amerika akan tutup untuk peringatan Memorial Day.

Dari sisi teknikal, IHSG lebih cenderung akan kembali terkoreksi setelah pekan lalu menembus level supportnya di 3907.51. Resistance akan berada di 3918, 3939, 3955, 3971 dan 3992. Ditutupnya IHSG di bawah kurva EMA 200 hari memiliki implikasi negatif dan support berikut berada di 3846, tidak jauh dari 3838 yang merupakan level terendah Februari lalu.

Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar