DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 31 Mei 2012

Morning Brief - 1 Juni 2012

Market Outlook

Sesi perdagangan hari Kamis masih didominasi oleh sentimen negatif yang datang dari Eropa dan China. Di tingkat regional, IHSG melemah bersamaan dengan indeks Nikkei dan Hang Seng serta KOSPI, sementara di Amerika indeks Dow Jones bersama dengan NASDAQ dan S&P 500 juga mengalami penurunan walaupun tidak setajam hari sebelumnya. Sebaliknya, di Eropa indeks berakhir mixed dengan indeks FTSE Inggris berakhir positif namun indeks DAX Jerman berakhir negatif.


Perbedaan pendapat mengenai penyelesaian krisis fiskal yang terjadi di Eropa merupakan faktor utama yang memberatkan pasar. Di satu pihak diinginkan peran bank sentral Eropa (ECB) yang lebih dalam mendukung penyelesaian krisis seperti lewat penyaluran dana dalam pembelian obligasi pemerintah negara-negara anggotanya yang bermasalah namun disisi ECB sendiri hal ini ditentang karena tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku dan jika dilakukan akan menjadi preseden buruk bagi penentuan kebijakan dalam ECB ke depannya dan secara umum bagi Eropa sendiri. Dalam hal program austerity, pihak pro dan kontra masih tetap belum mencapai kesepakatan akhir dengan Yunani akan menggelar kembali pemilu untuk kedua kalinya dalam tahun ini untuk menentukan apakah kubu pro-bailout atau kubu anti-bailout yang akan memenangi pemilu tahun ini.

Krisis di Spanyol akhir-akhir ini mendominasi pasar yang untuk sementara meninggalkan isu Yunani setidaknya hingga pemilu pertengahan Juni ini. Bankia yang mengajukan permintaan bantuan kepada pemerintah Spanyol dikhawatirkan bukanlah yang terakhir yang bermasalah, sehingga dikhawatirkan apabila isu perbankan di Spanyol berlarut-larut akan menyebar ke Portugal maupun ke Italia.

Pemberitaan kantor berita Xinhua beberapa waktu lalu sehubungan dengan tidak adanya rencana pemberian stimulus besar-besaran oleh pemerintah China menjadi sandungan bagi sentimen investor di Asia.

Sesi perdagangan terakhir dalam pekan ini diperkirakan masih cenderung negatif dengan pihak asing diperkirakan masih akan mengurangi porsi portofolio saham domestiknya sebagaimana yang terjadi baru-baru ini terutama dengan tingginya ketidakpastian sehubungan dengan kondisi di Eropa.

Support bagi IHSG yang terdekat berada di sekitar perbatasan antara 3700 dan 3800. Gagalnya support di 3846 dalam menahan tekanan jual membuka jalan bagi kemungkinan penurunan lebih lanjut hingga mencapai support di 3726. Sebaliknya, kenaikan IHSG diprediksi akan terbatas pada level 3845 hingga 3939.



Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar