DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Kamis, 16 Agustus 2012

Market Wrap - 16/08/2012

Market Review


Terkecuali indeks Hang Seng yang melemah 0.45%, bursa regional cenderung berakhir menguat pada sesi perdagangan hari Kamis. Jakarta Composite Index melanjutkan kenaikannya sebesar 0.45%, sedangkan indeks LQ-45 dan IDX30 juga menguat sebesar 0.44% dan 0.52%. Di tingkat regional, indeks Nikkei menguat tajam 1.88% sedangkan indeks KOSPI hanya mampu menguat tipis sebesar 0.05%.

Sesi perdagangan terakhir pekan ini mencatatkan 119 saham menguat, 121 saham melemah sedangkan 112 lainnya stagnan. Posisi asing mencapai net buy senilai 133.38 miliar sedangkan tiga sektor berakhir melemah dengan dipimpin oleh sektor pertanian (-1.11%), sektor aneka industri (-0.8%) dan sektor properti (-0.76%). Sebaliknya, sektor infrastruktur menjadi sektor terbaik hari ini dengan kenaikan sebesar 2.36%. Dua sektor lainnya yang mencatat kenaikan kedua dan ketiga terbesar adalah sektor industri dasar (+0.86%) dan sektor keuangan (+0.61%).

Di antara sembilan saham yang terekomendasi, tiga saham berakhir positif dengan SMCB mencatat kenaikan terbesar yaitu 2.73% disusul oleh CLPI yang menguat 1.57% dan BMRI yang ditutup di 8350, naik 0.6%. BBKP dan TRIM stagnan di angka penutupan hari Rabu sedangkan penurunan terbesar dialami oleh MNCN (-2.17%), disusul oleh ESSA (-2.02%) dan DILD (-1.59%).

Harapan akan adanya stimulus moneter dari China menjadi katalis positif bagi sentimen pasar global. Pernyataan dari PM China Wen Jiabao diartikan sebagai sinyal bahwa pemerintah China dapat memangkas kembali suku bunga atau menurunkan level rasio kecukupan cadangan perbankan dalam waktu dekat.

Positifnya sentimen regional masih belum mampu mengangkat sentiment bursa Eropa menjelang pertengahan sesi perdagangan di Eropa, namun kontrak berjangka indeks saham Amerika saat ini tengah berada di zona positif meskipun hanya mengalami kenaikan tipis. Diperkirakan bursa Eropa dan Amerika malam ini akan berahir mixed dengan bias positif seiring dengan terbatasnya katalis positif di pasar.

Bursa Indonesia akan ditutup hingga dimulai lagi pada Kamis mendatang, namun apabila dilihat dari sisi teknikal kenaikan hari ini hingga mencapai 4163.77 cukup menjanjikan dan merupakan indikasi bahwa indeks masih berpotensi untuk melanjutkan penguatannya pekan mendatang hingga menuju resistance berikutnya di 4234.7.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar