DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 31 Agustus 2012

Market Wrap - 31/08/2012

Market Review


Setelah melemah dalam beberapa sesi terakhir, Jakarta Composite Index (JCI) akhirnya berakhir menguat pada sesi perdagangan Jumat (31/8). Indeks ditutup naik 0.86% di 4060.33, sedangkan indeks LQ-45 dan IDX30 masing-masing ditutup menguat 0.98% dan 0.86%. Di tingkat regional, tiga indeks utama Asia sebaliknya malah melemah. Nikkei 225 berakhir terpuruk 1.6%, sementara indeks Hang Seng ditutup turun 0.36% dan indeks KOSPI melemah tipis 0.07%.

Meskipun ditutup menguat, nilai net sell perdagangan asing tercatat sebesar 895.14 miliar, jumlah yang cukup signifikan dibandingkan dengan sesi-sesi sebelumnya.

Sebanyak 176 saham berakhir menguat, sedangkan 102 saham ditutup stagnan dibandingkan dengan harga penutupan hari Kamis. Sisanya sebanyak 72 saham berakhir melemah.

Sektor terbaik pada hari Jumat ini adalah sektor industri dasar yang menanjak 2.24%, sementara sektor pertambangan yang baru-baru ini tertekan berbalik menanjak 1.69%. Sektor properti menjadi sektor ketiga terbaik dengan kenaikan sebesar 1.44%. Dua sektor mengalami penurunan yaitu sektor perdagangan (-0.79%) dan sektor aneka industri (-0.26%).

Setelah tiga saham terhempas dari daftar rekomendasi, sisa tujuh saham pada hari ini cenderung menguat dengan BBKP, CLPI, MNCN dan SMCB berakhir menguat sedangkan ESSA, KLBF dan TRIM berakhir stagnan. Bagi yang memilih AKRA ketimbang CPIN, saham ini berhasil mencatatkan kenaikan 0.72% pada akhir sesi kedua hari Jumat.

Menjelang pidato Ben Bernanke di Jackson Hole pasar setidaknya telah melakukan penyesuaian terhadap ekspektasi mereka akan kemungkinan adanya petunjuk dari Bernanke mengenai stimulus baru dari Federal Reserve. Diperkirakan Bernanke tidak akan mengeluarkan pernyataan baru seputar program stimulus Fed dan cenderung hanya akan mengulang kembali pernyataannya pada rapat FOMC sebelumnya.

Ditundanya pengajuan bailout menyeluruh oleh Spanyol juga sempat menjadi katalis negatif bagi investor. Spanyol dianggap akan diuntungkan apabila mendapatkan bailout menyeluruh menurut Standard & Poor’s. Menurut PM Mariano Rajoy, pihaknya saat ini tengah menantikan rincian lebih lanjut mengenai semua persyaratan yang diminta oleh Uni Eropa dalam pemberian bailout tersebut. Spanyol juga dikabarkan berencana untuk merekapitalisasi Bankia tanpa menggunakan dana dari Uni Eropa. Saham Bankia menguat setelah kabar ini beredar. Apabila Spanyol berhasil merekapitalisasi sektor perbankannya tanpa menggunakan dana publik Eropa maka hal ini akan menjadi katalis positif bagi sentimen pasar.

Penurunan tajam beberapa hari terakhir ini sempat membawa JCI mendekat support krusialnya di 3960-3965. Meskipun terjadi rebound pada hari Jumat ini, kenaikan indeks masih terbatas di area resistance 4060-4080 yang sebelumnya merupakan area support.

Respon dari bursa Amerika dan Eropa terhadap pidato Bernanke malam ini akan menjadi acuan terhadap arah pergerakan JCI pekan mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar