DISCLAIMER

This research report is prepared by PT MINNA PADI INVESTAMA Tbk for information purposes only and are not to be used or considered as an offer or the solicitation of an offer to sell or to buy or subscribe for securities or other financial instruments. The report has been prepared without regard to individual financial circumstance, need or objective of person to receive it. The securities discussed in this report may not be suitable for all investors. The appropriateness of any particular investment or strategy whether opined on or referred to in this report or otherwise will depend on an investor’s individual circumstance and objective and should be independently evaluated and confirmed by such investor, and, if appropriate, with his professional advisers independently before adoption or implementation (either as is or varied).

Jumat, 03 Agustus 2012

Half-Time Update - 3 Agustus 2012


Kecewanya pasar atas hasil pertemuan European Central Bank pada hari Kamis kemarin menjadi pemicu melemahnya bursa lokal dan regional. Jakarta Composite Index ditutup melemah 0.48%, indeks LQ-45 dan IDX30 juga ditutup turun dengan masing-masing mengalami penurunan sebesar 0.47% dan 0.5%.

Di tingkat regional, baik indeks Nikkei dan Hang Seng sementara ini masih berada di zona merah dengan masing-masing turun 1.13% dan 1.06%. Di Korea, indeks KOSPI berakhir turun 20.72 poin atau 1.11%.

Hanya 66 saham berhasil bertahan di zona hijau sedangkan sebanyak 172 saham berakhir melemah di akhir sesi pertama. Sisanya, sebanyak 73 saham tidak mengalami perubahan dibandingkan harga penutupan hari Kamis kemarin.

Semua sektor yang ada juga berakhir melemah dengan penurunan terbesar dialami oleh sektor properti (-0.86%) dan diikuti oleh sektor pertambangan (-0.84%).

JCI mencatatkan level terendah di 4059.94, hampir mencapai level support Fibonaccinya di 4057. Jika penurunan ini berlanjut pada sesi kedua nanti hingga melewati level support ini, dikhawatirkan indeks berpeluang untuk menguji support berikutnya di 4035 yang merupakan level Fibonacci 61.8%. Sebaliknya, level resistance saat ini berada di 4080 yang merupakan level support sebelumnya yang saat ini beralih fungsi menjadi level resistance. Selanjutnya adalah level resistance di 4100 dan 4150.

Paska pertemuan ECB, hari Jumat ini akan dirilis data nonfarm payrolls Amerika untuk periode Juli dimana diperkirakan payrolls naik dari 80 ribu menjadi 100 ribu dan apabila angka prediksi ini berhasil terlampaui akan menjadi katalis positif bagi pasar. Sebaliknya, jika data payrolls berada di bawah ekspektasi maka dikhawatirkan pasar akan kembali melemah malam ini. Perlu diperhatikan pula bahwa tetap ada kemungkinan bahwa pasar justru akan menguat apabila data payrolls lebih buruk dari ekspektasi karena dengan demikian Federal Reserve akan lebih tertekan untuk segera mengambil tindakan mengatasi perlambatan ekonomi yang terjadi. Untuk itu, justru buruknya data berpotensi membuka peluang bagi Fed untuk mengeluarkan paket stimulus yang baru.


Click here to download the full update (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar